DPRD akan Panggil Manajemen PT Mafatex

by
AUDIENSI - Perwakilan buruh PT Mafatex saat meyampaikan keluhannya dalam audiensi dengan Komisi C DPRD Kota Pekalongan.

*Perwakilan Buruh yang Di-PHK Ngadu ke DPRD

KOTA – Komisi C DPRD Kota Pekalongan akan memanggil manajemen PT Mafatex terkait dengan adanya permasalahan PHK sepihak dan tuntutan pesangon dari mantan pekerja. Hal itu disampaikan Ketua Komisi C, Aminudin Azis dalam audiensi bersama perwakilan buruh dari PSP SPN PT Mafatex di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Rabu (12/1/2022).

Kedatangan perwakilan buruh diterima oleh Ketua Komisi C, Aminudin Azis bersama Wakil Ketua DPRD, Nusron. Hadir juga dalam audiensi, perwakilan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Nurul Indrawati.

Ketua Komisi C DPRD, Aminudin Azis menegaskan akan memanggil manajemen PT Mafatex untuk dimintai keterangan terkait permasalahan yang diadukan buruh. “Yang akan kami lakukan, kami akan meminta keterangan dari pihak perusahaan. Insya Allah kami akan meminta keterangan sebelum mediasi ketiga dilakukan,” katanya usai mendengarkan kronologis permasalahan.

DPRD dikatakan Aminudin jelas memiliki perasaan yang sama dengan para buruh terkait masalah PHK dan pesangon. Namun pihaknya juga harus tetap meminta keterangan secara berimbang dari kedua belah pihak. “Kami juga harus mendengarkan keterangan dari pihak perusahaan agar kita bisa menemukan win-win solution sesuai harapan bersama,” tambahnya.

Aminudin juga meminta buruh untuk menyiapkan perhitungan riil terkait dengan tuntutan pesangon. Sebab dari kronologis yang disampaikan Dinperinaker, tuntutan buruh memunculkan angka tapi hanya sesuai aturan normatif yakni sesuai undang-undang. “Harapan kami ada hitung-hitungan dari pekerja berapa nilainya agar bisa masuk sebagai nilai tuntutan,” katanya.