Kesadaran Umat atas Wakaf Produktif Masih Lemah

oleh -
BINCANG WAKAF - Serius gagas wakaf produktif, PDM Kendal gelar perbincangan hangat dengan menghadirkan praktisi wakaf, M Said Hisyam.

*PDM Kendal Siap Bentuk Tim Wakaf Produktif

KENDAL – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kendal menunjukkan keseriusannya dalam menggulirkan program wakaf produktif di wilayahnya. Salah satunya ditunjukkan dengan menghadirkan praktisi wakaf, M Said Hisyam, untuk memberikan gambaran menyeluruh ihwal konsep, manfaat, dan prospek gerakan wakaf produktif.

Praktisi wakaf, M Said Hisyam mengatakan, pengembangan wakaf tanah atau benda lainnya di Muhammadiyah harus digerakkan secara bersama-sama. Sementara masih terdapat masyarakat yang selama ini lebih mengenal wakaf tanah dari pada wakaf uang (tunai, red) yang dinilai masih asing. Belum lagi nilai manfaat wakaf masih di pusaran sosial dan keagamaan.

“Sedangkan wakaf berorientasi pada nilai ekonomi, berproduktif belum disemangati,” katanya membuka perbincangan yang diikuti anggota majlis dan lembaga tersebut.

Padahal, Said Hisyam mengungkapkan, untuk meningkatkan produktivitas wakaf atau merubah aset wakaf menjadi wakaf produktif sejalan dengan keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar. Di mana Muhammadiyah semangat ingin menjadikan ekonomi sebagai salah satu pilar persyarikatan.

“Mampu mengoptimalkan potensi wakaf, mendekatkan Muhammadiyah pada pilar ekonomi. Sebaliknya, menelantarkan tanah wakaf berarti menjauhkan persyarikatan dari pilar ekonomi yang dicita-citakan tersebut,” katanya.