Ratusan Warga Berdesakan Ambil Jatah Progam KKS

oleh -
BERDESAKAN - Ratusan warga berdesakan di Kantor Kecamatan Kota Kendal, Selasa (11/1/2022) untuk mengambil jatah batuan program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

*Bupati Janji Cek Validitasi Data Penerima

KENDAL – Ratusan warga berdesakan di Kantor Kecamatan Kota Kendal, Selasa (11/1/2022) untuk mengambil jatah batuan program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dampak kebijakan PPKM senilai Rp 600 ribu. Kondisi tersebut menjadi catatan Dinas Sosial Kendal sebagai leading sector penyaluran bantuan sosial non tunai dari Kementerian Sosial tersebut.

Kepala Dinas Sosial, Toni Ari Wibowo mengatakan, ada sebanyak 10.638 keluarga penerima manfaat (KPM). Pihaknya mengklaim penyaluranya sudah mencapai 70-80 persen dari target. “Antusiasme warga yang membuat penyaluran bantuan tersendat akibat penumpukan warga.” katanya.

Di hari terakhir pendistribusian, tanggal 12 Januari hari ini, ia akan memastikan pemerintah kecamatan dan desa bisa mengatur warganya agar tidak berjubel dalam satu waktu. Sehingga kerumunan dapat diantisipasi, dan potensi penularan Covid-19 bisa ditekan.

“Kami akan pastikan besok hari terakhir warga datang tepat waktu sesuai jadwal. Pengaturannya ada yang pagi mulai jam 08.00 sampai siang. Sehingga bisa tertib,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyambut baik antusiasme masyarakat untuk mengambil bantuan stimulus dari Kementerian Sosial. Ia mengingatkan kepada para penerima agar memanfaatkan bantuan dengan baik.
“Semoga bantuan ini bisa berdampak untuk meringankan beban kebutuhan masyarakat,” katanya.

Dico menambahkan, dengan masih adanya laporan yang mendapatkan bantuan orang-orang yang sama sehingga hal itu akan menjadi catatan dan pekerjaan rumah (PR) ke depannya. “Kami akan cek dan validasi lagi agar data penerima bantuan ke depan bisa lebih valid,” imbuhnya. (lid)