Umrah Dibuka, 1.000 Calon Jemaah Antre Menunggu Diberangkatkan

by
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Pekalongan, H. Mundakir SH.

KOTA – Kepastian dibukanya kembali ibadah umrah sejak 8 Januari 2022, memberikan angin segar bagi calon jemaah di Kota Pekalonan. Berdasarkan data Kemenag Kota Pekalongan ada sekitar 1.000 calon jemaah yang sudah mengantre sejak pemberangkatan umrah ditunda akibat adanya pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Pekalongan, H. Mundakir SH mengungkapkan, dalam waktu dekat setidaknya ada sekitar 1.000 orang calon jemaah umrah asal Kota Pekalongan yang sudah mengantre akibat penundaan pemberangkatan karena adanya pandemi. Sehingga, pembukaan kembali ibadah umrah serta didasarkan pada pengalaman-pengalaman terdahulu akan menjadi kebijakan untuk pemberangkatan berikutnya.

“Jadi, mulai tanggal 8 Januari kemarin PPIU dan Kementerian Agama Pusat sudah memberangkatkan perjalanan umrah ke Arab Saudi meskipun dengan sejumlah pembatasan dan aturan prokes yang harus dipatuhi karena adanya pandemi Covid-19,” tutur Mundakir

Namun dia menegaskan, penyelenggaraan umrah harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) baik di tanah air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah.

“Untuk proses karantina juga dilakukan baik di Indonesia maupun sudah tiba di Arab Saudi. Kemudian, calon jemaah umroh juga perlu dilakukan vaksinasi booster ketika akan berangkat. Terkait pemberangkatannya juga melalui satu embarkasi yaitu di Bandara Soekarno Hatta karena untuk pelaksanaan karantinanya selama 4 hari,” tandasnya.