Abrasi di Pesisir Batang Cukup Tinggi

by
TANAM MANGROVE - Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat Letjen TNI (Purn) Sumarsono menanam bibit mangrove di pesisir Karangasem Utara, Kecamatan Batang Beberapa waktu lalu.

Handy Hakim juga menyebutkan ada sekitar 30 kilometer yang akan menjadi sasaran untuk melakukan penanaman mangrove dan konservasi pesisir pantai di Kabupaten Batang.

“Dari 70 kilomter garis pantai, 30 kilomter akan menjadi sasaran penanaman mangrove. Kita dalam tanam mangrove akan bekerjasama dengan LSM dan pemerhati lingkungan,” terang Handy.

Ia pun mengatakan untuk sasaran di sepanjang 30 kolomoter tersebut membutuhkan sekitar 20 ribu bibit mangrove yang secara bertahap akan dilaksanakan.

“Kebutuhan bibit mangrove dari asumsi jarak penanaman satu meter seperti yang dilakukan ormas peduli lingkungan sudah kita bantu 10 ribu bibit. Maka kita masih membutuhkan 20 ribu bibit lagi,” ungkap Handy Hakim

Handy juga menyatakan akan melakukan percepatan penanaman mangrove serta konservasi pesisir pantai di Batang. “Kenapa kita percepatan ini? Karena Pemkot Pekalongan setahu kami di tahun ini mulai pembangunan bendung laut. Jadi kita bukan mengkhawatirkan tapi hanya antisipasi saja, supaya nanti tidak ada limpahan air ke Batang. Kalau kita tidak persiapan nanti abrasi kita tidak terkontrol,” pungkasnya. (nov)