Targetkan Tuntas dalam Dua Pekan

by
VAKSINASI ANAK - Launching vaksinasi anak di Kecamatan Bojong dimulai di SDN 01 Wiroditan, kemarin.

*Vaksinasi Anak Usia 6-11 di Bojong

BOJONG – Kick off vaksinasi anak usia 6 tahun – 11 tahun di Kabupaten Pekalongan dimulai Kamis (6/1/2022). Anak-anak dengan pendampingan orang tua atau walinya tampak semangat mengikuti vaksinasi tersebut.
Orang tua mendukung program vaksinasi anak usia SD sederajat. Salah satu alasannya, mereka berharap anak-anak mereka bisa segera sekolah dengan normal.

“Saya sangat mendukung. Biar anak-anak bisa sekolah normal lagi,” ungkap Eli, salah satu orang tua murid di SDN 01 Wiroditan, Bojong, ditemui saat mendampingi anaknya vaksinasi di SD itu, kemarin pagi.

Dari pantauan Radar, antusias orang tua untuk mengantarkan anaknya divaksin cukup tinggi. Bahkan, ada beberapa orang tua yang belum vaksin, ikut minta disuntik vaksin usai anaknya divaksin.

Skrining ketat dilaksanakan petugas sebelum anak disuntik vaksin. Sebagian besar anak tampak tidak takut disuntik. Sebagian kecil lainnya ada yang nangis karena takut. Dengan dampingan orang tua dan disemangati petugas Puskesmas, aparat Polri, TNI, dan pihak kecamatan, anak-anak yang takut pun akhirnya berani untuk disuntik. “Sakit. Seperti digigit kucing. Tadi sempat takut tapi ndak nangis,” tutur Alfa, salah satu pelajar SD yang divaksin.

Camat Bojong Farid Abdul Khakim, mengatakan, cakupan vaksinasi dosis 1 di Kabupaten Pekalongan sudah lebih dari 70 persen. Sehingga vaksinasi anak usia 6-11 tahun bisa dilaksanakan.

“Pada hari ini dilakukan kick off secara serentak di wilayah Kabupaten Pekalongan. Untuk wilayah Bojong total sasaran ada 7.285 anak. Pada hari ini kita memulai dari SD 01 Wiroditan, dengan sasaran 255 anak,” terang Farid.
Ia menargetkan dalam 14 hari kedepan vaksinasi anak usia itu bisa selesai. Artinya, setiap harinya paling tidak ada 500 anak yang divaksin.