Buaya Sepanjang 2,5 Meter Ditangkap Warga di Sungai Kuripan

by
Petugas Damkar mengevakuasi buaya muara yang berhasil ditangkap warga. Wahyu Hidayat

KOTA – Seekor buaya muara berhasil ditangkap warga di Sungai Kuripan, Kelurahan Kuripan Kertoharjo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Jumat (7/1/2022) pagi.

Penangkapan buaya sepanjang kurang lebih 2,5 meter itu berawal saat hewan tersebut terlihat muncul ke permukaan pada Kamis (6/1/2022) di Sungai Kuripan, tepatnya di belakang lokasi peternakan ayam milik warga setempat.

Miftakhudin, salah seorang warga yang menangkap buaya itu, menuturkan, setelah melihat kemunculan buaya itu, ia dan beberapa temannya sesama karyawan peternakan ayam itu kemudian memasang perangkap dengan menggunakan pancing.

“Kemarin (Kamis) jam 5 saya pancing pakai seekor ayam, saya kasih tambang,” katanya.

Simak videonya :

Pancingan tersebut akhirnya membuahkan hasil. Pada Jumat (7/1/2022) pagi ia melihat seekor buaya memangsa ayam tadi dan terkena mata pancing yang dipasang.

Miftahudin bersama empat rekannya kemudian menangkap buaya tersebut, mengikatnya, dan menarik ke darat. “Tadi pagi jam setengah 6 buaya itu berhasil ditangkap,” katanya.

Penangkapan buaya itu kemudian dilaporkan ke anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat, Damkar dan Penyelamatan, serta Polsek Pekalongan Selatan. Petugas Damkar bersama anggota kepolisian dan Babinsa selanjutnya mengevakuasi buaya tersebut ke Mapolsek Pekalongan Selatan.

Petugas Damkar dan Penyelamatan Kota Pekalongan, Yudha, menjelaskan awalnya pihaknya mendapat informasi dari warga tentang adanya seekor buaya yang ditangkap.

Dia menuturkan buaya tersebut diduga merupakan satu dari beberapa ekor buaya yang sering muncul di Sungai Kuripan. “Menruut informasi warga masih ada sekitar tiga ekor lagi di sekitar situ. Nanti kita akan koordinasi dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Air) untuk langkah selanjutnya,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Pekalongan Selatan Kompol Basuki Budi Santoso menambahkan bahwa pihaknya mendapat amanat untuk mengamankan sementara seekor buaya yang ditangkap warga itu. “Sementara kami amankan di Polsek dulu sambil menunggu petugas BKSDA,” katanya.

Pihaknya mengimbau kepada warga untuk berhati-hati ketika berada di sekitar sungai yang menjadi lokasi tertangkapnya buaya tersebut karena diduga masih ada dua sampai tiga ekor buaya lagi di sekitar likasi yang sama. (way)