Tinjau Posyandu, Chacha Ikut Koreksi Cara Menimbang Balita

by
GENDONG BAYI - Sambil gendong balita di lokasi Posyandu, Ketua TP PKK Kendal, Wynne Federica, turut mengoreksi cara petugas menimbang bayi.

KENDAL – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynne Federica atau yang akrab disapa Chacha Federica tak sungkan menggendong bayi yang tengah diikutkan dalam kegiatan Pencanangan Keluarga Kendal Sehat Sejahtera sekaligus Penyaluran CSR dari Bulog di Desa Purwosari, Kecamatan Sukorejo, Kamis (6/1/2022). Chacha bahkan ikut mengoreksi cara petugas menimbang bayi yang disebutnya kurang tepat, karena balita masih dengan pakaian lengkap.

“Kita sekarang lagi mau melawan stunting, indikasi melawan stunting itu adalah timbangan setiap bulan, timbangan berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala anak. Saya tidak mau melihat di Kabupaten Kendal itu cara menimbang anak masih dengan pakaian, karena itu berpengaruh pada berat timbangan anak, 50 gram saja itu juga berpengaruh,” tandasnya.

Chacha mengungkapkan, meskipun banyak bantuan CSR untuk penanganan stunting di Kabupaten Kendal, semuanya akan sia-sia jika hal kecil seperti cara menimbang tidak bisa dilakukan secara tepat. Ia pun mengaku sudah melakukan diskusi dengan dokter anak. Mereka memberikan banyak masukan untuk penanganan stunting, namun hal utama yang harus dilakukan dan menjadi prioritas adalah fokus pada cara menimbang balita yang benar nlebih dahulu.

“Jadi nimbang yang benar itu dengan mencopot pakaian anaknya. Saya juga berharap posyandu-posyandu yang ada di Kabupaten Kendal ini mengganti timbangan dari timbangan konvensional menjadi timbangan digital,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Purwosari, Muhammad Miadi mengatakan, terkait angka stunting di desanya merupakan yang tertinggi di Kabupaten Kendal. Sebelumnya jumlah kasus stunting di desanya ada 86 anak. Namun dengan gencarnya inovasi dan program gizi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan juga Dinas Peternakan, maka angka tersebut bisa ditekan.