Tahapan Pemilu 2024 Dimulai

by
TAHAPAN - KPUD Kabupaten Pekalongan mulai mensosialisasikan tahapan Pemilu serentak 2024.

**KPUD Mulai Sosialisasikan

KAJEN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pekalongan mulai mensosialisasikan tahapan Pemilu serentak tahun 2024. Hal itu dibenarkan Ketua KPUD Kabupaten Pekalongan Abi Rizal kepada sejumlah awak media saat di ruang kerjanya, Rabu (05/01/2022).

Dikatakan, saat ini bahkan KPU Kabupaten Pekalongan sudah melaksanakan tahapan pemilu beberapa kali. Tahapan paling awal itu adalah pendaftaran partai politik.

“Jadi pendaftaran partai politik ini adalah tahapan yang paling awal. Kami sudah melakukan sosialisasi mengundang seluruh Parpol dalam rangka persiapan untuk pendaftaran partai politik. Terutama adalah terkait dengan data sistem informasi partai politik atau Sipol ini yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari untuk seluruh partai politik. Baik yang di parlemen maupun partai baru, maupun partai yang lama tapi tidak masuk parlemen, ” katanya.

Dikatakan, acuan tahapan bukan Kabupaten Pekalongan saja, namun secara undang-undang itu bahwa yang lolos Parlemen threshold itu adalah partai-partai yang nanti hanya verifikasinya 100 persen. Jadi tetep diverifikasi secara administrasi, kemudian yang partai lama tapi tidak lolos parlemen threshold 4% di parlemen itu akan diverifikasi faktual sama seperti partai baru.

Diterangkan, undang-undang sebelum diubah berarti kita masuk pada ketentuan baru kecuali nanti ada aturan baru, undang-undang baru akan menghapus parlementary treshold. Selama ini dan sampai sekarang itu masih tetap ada parlementary treshold sebanyak 4% di undang-undang Nomor 7 Tahun 2017.

“Yang jelas apabila partai baru dyarat yang harus dipenuhi pertama adalah cara gampang itu 175/50. Jadi kepengurusan provinsi baru 100%, kepengurusan di kabupaten /kota itu 75 pengurus tingkat kecamatan 50%. Itu syarat partai baru, kemudian yang kedua itu harus mengisi data anggota untuk partai politiknya yang diinput. Setelah itu baru di verifikasi administrasi antara SK yang ada di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan sebagainya beserta nanti kita ddatangike sekretariat masing-masing, ” tandasnya.(yon)