Vaksinasi Anak Prasyarat PTM 100%

by
PERSIAPAN VAKSINASI ANAK - Kadinkes Setiawan Dwiantoro sampaikan persiapan vaksinasi anak di Kabupaten Pekalongan.

**Bupati Launching Vaksinasi Anak di SDIT Kajen Hari Ini

KAJEN – Pemkab Pekalongan akan melakukan percepatan vaksinasi anak usia 6 tahun hingga 11 tahun. Dalam dua hingga tiga minggu ke depan, diharapkan sasaran sebanyak 92.633 anak usia TK hingga SD sederajat ini bisa tervaksin. Agar pembelajaran tatap muka (PTM) 100 % bisa segera terlaksana di Kota Santri.

“Besok (hari ini, red) pencanangan vaksinasi anak tingkat kabupaten oleh Bupati Pekalongan. Tempatnya di SD IT Kajen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwiantoro, Rabu (5/1/2022).

Diterangkan, jumlah sasaran vaksinasi anak usia itu adalah 92.633 anak (data KPCPEN). KPCPEN menggunakan data sensus 2020 untuk anak usia 6 tahun – 11 tahun. Data itu yang akan digunakan oleh pemkab untuk sasaran vaksinasi anak.

Meskipun, Pemkab Pekalongan miliki data lain. Yakni data berdasarkan riil pendataan ada sebanyak 90.754 anak. Sementara, data dari Dinas Pendidikan dan Kemenag ada 85.498 anak. Dengan rincian, anak SD ada 59.711 anak, anak MI ada 19.181 anak, dan di TK/Paud ada 6.606 anak.

“Data KPCPEN itu berdasarkan sensus 2020. Data kita berdasarkan pendataan riil yang ada di lapangan. Jadi pertumbuhan penduduk juga dihitung oleh kita yang 90 ribu itu. Itu masuk di dalamnya adalah anak pondok pesantren yang tidak sekolah formal juga akan kita lakukan penyuntikan. Jumlahnya berapa kita masih lakukan pendataan,” terang Wawan.