Jadi Projek Sekolah Penggerak

by
BAZAR - SMAN 2 Pekalongan menggelar kegiatan bazar kewirausahaan.

*SMAN 2 Pekalongan

KOTA – SMAN 2 Pekalongan menggelar program yang diperuntukkan bagi siswa. Kegiatan tersebut menjadi salah satu projek yang digawangi oleh SMAN 2 Pekalongan dalam menjalankan perannya sebagai salah satu sekolah penggerak yang ada di Kota Pekalongan.

Disampaikan Plt Kepala SMAN 2 Pekalongan Abdul Rozak bahwa kegiatan bazar kewirausahaan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pembelajaran paradigma baru, yakni sekolah penggerak. Dimana sekolah penggerak ini mengusung dua kegiatan utama yaitu kegiatan intra kulikuler (pada step mata pelajaran) dan yang ke dua adalah projek.

Pada tahap projek, SMAN 2 Pekalongan memiliki 3 agenda utama yang akan dilakukan dalam waktu satu tahun kedepan. Projek 1 tentang kearifan lokal, projek ini sudah dilaksanakan oleh siswa dalam bentuk mengenal batik-batik di Kota Pekalongan dan membuatnya dalam sebuah pot, untuk projek 2 adalah bazar kewirausahaan yang dilaksanakan pada hari ini, serta projek yang ke tiga adalah bhineka tunggal Ika (festival budaya).

“Saat ini kita asednag melakukan prjek ke dua, jadi projek ke dua ini adalah aktualisasi gabungan dari beberapa mapel dalam melakukan penilaian yang diwujudkan dalam projek pembelajaran yang mengarah pada produk. Tapi bukan produknya yang menajdi penilain utama melainkan proses dalam menghasilkan produknya,” ungkap Rozak, sapaan akrabnya.

Ditambahkan, berbagai program sekolah penggerak menjadi suntikan semangat tersendiri bagi SMAN 2 Pekalongan. Pasalnya guru dan siswa sama-sama antusias dalam melaksanakan setiap program. SMAN 2 Pekalongan sendiri memiliki tim yang terdiri dari 6 guru mapel yang berkolaborasi dan bertugas untuk mengelola program sekolah penggerak. tim guru bertugas menentukan kegiatan, melakukan sosialisasi kegiatan projek kepada siswa sekaligus membimbing siswa serta menentukan jadwal.