Petani Kopi Diberikan Edukasi

by
EDUKASI - Sejumlah petani kopi diberikan edukasi cara penyambungan pucuk pohon kopi untuk peningkatan produktivitas dan kualitas.

“Karena selama ini banyak tengkulak dari daerah lain membeli kopi di wilayah Kabupaten Pekalongan, kemudian setelah di daerah lain kopi ini dijual dengan harga tinggi, “ungkapnya.

Oleh karena itu melalui edukasi tersebut bisa mmberikan pemahaman bahwa kopi Kabupaten Pekalongan mampu bersaing dan tidak dijual dengan harga murah.

Senada diungkapkan Wakil Ketua Cluster Kopi Kabupaten Pekalongan, Wanuri. Kata dia, dari data setiap panen untuk wilayah Paninggaran mampu menghasilkan ratusan ton. Sebab dari Desa Bedagung saja sudah mencapai 50 ton sekali panen.

“Selain edukasi cara perawatan, sambung pucuk dan cara pangkas pohon kopi kita juga bersama sema menyamakan persepsi, menyatukan visi misi sehingga kualitas, produktivitas dan harga kopi semakin baik. Dengan begitu muaranya untuk kesejahteraan petani kopi, ” katanya.

Ia berharap dengan peningkatan kapasitas dan kualitas juga ke depan bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. “Harapan petani supaya pemerintah membantu bibit kopi yang unggul supaya produksi kopi petani meningkat, kemudian juga dibantu dalam pemasaran, ” imbuhnya. (Yon)