Petani Kopi Diberikan Edukasi

by
EDUKASI - Sejumlah petani kopi diberikan edukasi cara penyambungan pucuk pohon kopi untuk peningkatan produktivitas dan kualitas.

Sejumlah petani Kopi Kabupaten Pekalongan diberikan edukasi peningkatan produktivitas dan kualitas. Kegiatan digelar di area perkebunan kopi milik warga Desa Winduaji Kecamatan Paninggaran, Senin (03/01/2022).

Selain petani kopi di Kota Santri, kegiatan juga diikuti oleh sejumlah pecinta dan pegiat kopi. itu karena produktivitas kopi asal Kabupaten Pekalongan belum bisa memenuhi pasaran lokal.

Pantauan, petani kopi dan pegiat kopi yang tergabung dalam Cluster Kopi Kabupaten Pekalongan diberikan edukasi cara sambung pucuk atau sambung pohon. Selain itu juga diisi dengan syaring mengenai pertanian kopi di Kota Santri dari produktivitas, kualitas, hingga pemasaran kopi. Para petani juga langsung praktek cara sambung pucuk yang baik sehingga tumbuh bibit kopi dengan varietas unggul kas Kabupaten Pekalongan.

Ketua Cluster Kopi Kabupaten Pekalongan Murti menyampaikan, sebagai bentuk peningkatan produktivitas dan kualitas kopi, petani dan pegiat kopi secara bergantian menggelar pertemuan. Adapun pertemuan diisi dengan sharing dan edukasi bagi para petani.

“Kita berikan edukasi kepada petani supaya produktivitas benar benar meningkat dan kualitas semakin baik sehingga mampu bersaing dengan daerah lain, ” katanya.

Diakui, sebab selama ini banyak petani kopi yang masih awam akan kualitas kopi. Sehingga dijual dengan harga yang rendah, padahal apabila dijual ke daerah lain harga bisa naik.