Alhamdulillah, 8640 Guru Madin dan TPQ Terima Insentif

by
SERAHKAN - Bupati Batang Wihaji menyerahkan dana zakat dari UPZ kantor kementerian agama Batang kepada mustahik.

BATANG – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang sudah banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan. Termasuk bersinergi dengan Pemkab Batang dalam memberikan bantuan insentif guru madrasah diniyah (madin).

“Kalau dulu insentif guru madin ditangani langsung oleh Pemkab Batang, sekarang tata kelola keungannya Kantor Kemenag Batang untuk insentif guru madin tidak hanya dari Pemkab Batang tapi juga mendapat bantuan dari Pemprov Jateng,” kata Bupati Batang, Wihaji usai upacara Hari Amal Bhakti ke 76 di MAN 1 Batang, Senin (3/1/2022).

Dijelaskan, ada sekitar 8.640 guru madin dan TPQ di Kabupaten Batang yang menerima insentif keagamaan dari Pemprov Jawa Tengah. Para guru masing-masing menerima Rp 100 ribu per bulan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan.

Dalam upacara tersebut juga diumumkan bahwa Kemenag Batang melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) telah mengumpulkan Rp 1,27 miliar. Dana ini telah ditasrufkan melalui program kemenag peduli dengan memberikan kepada mustahik sebanyak 2.546 orang yang masing masing mendapat Rp 250 ribu.

Program Kemenag Cerdas juga memberikan beasiswa bagi 79 siswa berprestasi senilai Rp250 ribu per siswa. Sehingga total penyerahan dana zakat di Hari Amal Bhakti ke-76 mencapai Rp 636 juta.

Kantor Kemenag Batang juga menyerahkan 16 sertifikat halal produk makananan industri kecil menengah. Selain itu, dua tahun ini Kantor Kemenag bersama pondok pesantren MA dan Mts bersinergi dan berjibaku dalam penanganan Covid-19. (nov)