Hampir Tiap Bulan Ditemukan Kasus DBD

by

*Sepanjang 2021 Ada 72 Kasus, 1 MD

KENDAL – Dibanding tahun 2020, kasus Demam Berdarah Dongue (DBD) di Kabupaten Kendal pada tahun 2021 mengalami penurunan signifikan. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal mencatat, tahun 2020 ada 197 kasus dan tidak ada yang meninggal. Sedangkan tahun 2021 sebanyak 72 kasus, dengan 1 penderita yang meninggal di Kaliwungu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Muntoha mengatakan, hampir tiap bulan ada kasus DBD. Hal ini menunjukkan DBD tidak mengenal musim, walaupun kasusnya lebih banyak pada musim peralihan dan musim hujan.

Pada tahun 2020 puncak terjadi kasus DBD terjadi pada bulan April, tetapi pada tahun 2021 kondisi puncak di bulan Januari. “Dua bulan terakhir ini, di November 2021 terdapat 8 kasus, namun pada Desember hanya 1 kasus,” kata Muntoha, Senin (3/1/2022).

Untuk mencegah terjadinya kasus DBD, pihak Dinkes Kendal melakukan gerakan sosialisasi di seluruh Puskesmas bersama-sama dengan Dinas Kesehatan. Lebih lagi pada musim hujan cukup rawan terjadi kasus DBD, dengan tetap menerapkan 3M. “Terkadang masyarakat masih mengandalkan fogging, padahal tidak menyelesaikan masalah. Fogging itu hanya membunuh nyamuk dewasa, tidak dengan jentik nyamuk,” terang Muntoha.

Kepala Puskesmas Kendal 2, Sri Syahadatain mengatakan, selama musim hujan kali ini di wilayah Puskesmas Kendal 2 terjadi 1 kasus DBD yaitu di Kelurahan Ngilir. Untuk mencegah lebih banyak kasus, pihak Puskesmas telah menggerakkan kerja bakti di Kelurahan Ngilir.

“Kami berupaya supaya masyarakat meningkatkan kerja bakti, seperti bersih-bersih lingkungan di Kelurahan Ngilir, karena memang di Ngilir ada yang kena DB,” katanya.

Diharapkan seluruh masyarakat agar peduli terhadap kebersihan lingkungan masing-masing, dengan melakukan gerakan tiga M, yakni menguras dan menutup bak mandi atau tempat-tempat yang biasa digunakan untuk menampung air. “Selain itu juga mengubur benda-benda yang bisa tergenang air,” tutupnya. (lid)