Pemkot Persiapkan PTM 100 Persen

by
PTM PENUH - Pemkot Pekalongan tengah mempersiapkan PTM dengan kehadiran 100. Salah satunya melalui mengejar cakupan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

KOTA – Pemerintah Kota Pekalongan mempersiapkan penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen siswa. Sejumlah hal yang menjadi persyaratan kini tengah dikejar salah satunya cakupan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Wali Kota A Afzan Arslan Djunaid mengungkapkan bahwa sebenarnya Kota Pekalongan sudah bisa melaksanakan PTM 100 persen sebagaimana berdasarkan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yakni Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dapat dilaksanakan dengan kapasitas 100 persen setiap hari namun ada syarat yang harus dipenuhi.

“Terkait PTM, sebetulnya Kota Pekalongan sudah bisa melaksanakan 100 persen berangkat tetapi dengan 6 jam pelajaranmaksimal. Syaratnya vaksinasi anak juga harus 100 persen,” jelas Wali Kota yang ditemui usai melakukan sidak di Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Senin (3/1/2022).

Sementara hingga saat ini, cakupan vaksinasi anak usia 6-11 tahun tercatat baru mencapai 17 persen. Wali Kota mengatakan, jika memang ada yang belum bisa divaksin maka harus didukung dengan alasan kuat terkait kondisi riwayat penyakit penyertanya. “Mudah-mudahan (vaksinasi) bisa setiap hari. Karena kemarin kendalanya anak-anak masih libur dan hari ini sudah mulai berangkat sekolah sehingga mudah-mudahan dengan berangkatnya siswa vaksinasi juga bisa dikebut,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim menjelaskan bahwa Kota Pekalongan belum mengambil kebijakan secara tertulis terkait pelaksanaan PTM secara penuh. Dinas Pendidikan setempat masih menyiapkan pelaksanaan teknis tersebut secara bertahap di masing-masing jenjang pendidikan.