Rabu, Vaksinasi Anak di Batang Dimulai

by
Bupati didampingi Kepala Dinkes Batang saat meninjau vaksinasi untuk pelajar SMP belum lama ini.

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang akan melaunching pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun pada Rabu (5/1/2022).

“Ya, akan kami mulai vaksinasi bagi anak pada Rabu besok, bertepatan dengan masuknya pelajar ke sekolah. Akan kami launching di salah satu SD wilayah Batang, dan nanti bisa diikuti SD dan MI lainnya,” ujar Bupati Batang, Wihaji, Senin (3/1/2022).

Vaksinasi bagi siswa kelas 1 hingga 6 SD itu digelar seiring dengan telah tecapainya target vaksinasi masyarakat umum yang hingga awal Januari sudah 71,54 persen dan vaksinasi lansia 65,46 persen.

Ia mengatakan, target vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Batang mencapai 65 ribu sekian, yang terdiri dari siswa siswi sekolah negeri maupun swasta.

“Pelaksanaan vaksinasi anak kami target maksimal dalam waktu satu bulan sudah  selesai. Namun jika bisa selesai dalam waktu dua minggu, ya lebih baik, karena saya kira koordinasi dan mobilisasi di satuan pendidikan ini lebih mudah,” ujar Bupati.

Ia berharap, pelaksanaan vaksinasi anak bisa cepat selesai. Sebab, Pemkab Batang sendiri sudah tertinggal sedikit dari beberapa kota dan kabupaten lainnya di Jawa Tengah.

Ia menambahkan, vaksinasi dosis pertama yang akan diperoleh anak usia 6 hingga 11 tahun itu yakni jenis Sinovac. Ia pun  meminta orangtua tidak ragu anaknya divaksin. Pihaknya meyakinkan bahwa anak-anak aman untuk menjalani vaksinasi Covid-19.

“Saya mohon dukungannya, karena berdasarkan laporan kejadian ikutan paska imunisasi (KIPI), tidak ada satupun kasus gara gara di vaksin anak meninggal dunia. Oleh karena itu kami harap dukungan orang tua siswa agar vaksinasi anak bisa cepat selesai,” tukasnya. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang, Ahmad Taufiq membenarkan akan adanya vaksinasi bagi murid sekolah SD. Saat ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang.

“Kami sedang koordinasikan agar matang. Kami siapkan sekolah-sekolahnya,” ucapnya.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya, Taufiq mengatakan, di Kabupaten Batang, jumlah kebutuhan vaksin Covid-19 untuk pelajar usia 6-11 tahun diperkirakan di angka 60.349. Data itu merupakan jumlah siswa SD se-kabupaten Batang.

“Ya artinya, ketersediaan dosis minimal untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun sejumlah itu untuk sekali dosis,” ujar Taufiq. (fel)