Pertama di Jateng, PP Sabilurrasyad Kembangkan Pesantren Hijau

by
KERJASAMA - PP Sabilurrasyad Kendal kerjasama dengan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang untuk mengembangkan Pondok Pesantren Hijau.

Sekretaris Prodi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo, Rusmadi mengatakan, program Pondok Pesantren Hijau menjadi awal komitmen UIN dengan pondok pesantren dalam penanganan limbah domestik asrama, peternakan, dan limbah sekolah. Sehingga seluruh civitas di Ponpes Sabilurrasyad dapat menerapkan sistem reduce, reuse, dan recycle limbah sampah yang ada untuk mendukung pendidikan karakter santri.

“Persoalan lingkungan semakin memprihatinkan. Termasuk dampak terjadinya perubahan iklim akibat pemanasan global. Nelayan, petani gagal panen, juga berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh manusia. Ini bukan tidak bisa diatasi, jika kita semua peduli lingkungan,” katanya.

Permasalahan lingkungan harus diantisipasi dengan cara teknis, dan non teknis. Pihaknya akan membantu para santri pondok agar bisa menjadi agen pecinta lingkungan. Melalui pengembangan teknik ecobrick, pengolahan dan pemanfaatan limbah plastik, pembuatan program eco-enzim, dan pengembangan sabun ramah lingkungan.

“Kami meyakini mengubah lingkungan tidak dengan persoalan teknis saja, namun juga moral dan karakter. Kami menyambut baik inisiatif dari pesantren. Ini baru pertama kali yang mengintegrasikan pendidikan di dalam pesantren dengan lingkungan,” ucapnya. (lid)