2022, Anggaran Program RTLH Turun Drastis

by
Wihaji, Bupati Batang

*Terimbas Kebijakan Refocusing

BATANG – Program bedah rumah yang digulirkan oleh Pemkab Batang pada tahun 2022 akan mengalami penurunan cukup signifikan. Untuk tahun depan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Batang hanya mengalokasikan sebanyak 330 unit rumah tidak layak huni (RTLH) untuk dibedah.

Bupati Batang, Wihaji, pun membenarkan hal itu. Ia mengatakan, bahwa memang ada penurunan jumlah alokasi anggaran untuk program RTLH tahun anggaran 2022, dibanding tahun sebelumnya.

“Ada bantuan untuk RTLH pada 2022 sebesar Rp3 miliar. Angka itu di bawah tahun sebelumnya yang mencapai Rp10 miliar,” tuturnya, Rabu (29/12/2021).

Ia menyebut, penurunan anggaran RTLH karena masih terkena refocusing menyusul masih adanya pengarusutamaan anggaran untuk penanganan dampak pandemi Covid-19, termasuk pemulihan ekonomi. Hal itu menjadi alasan utama penurunan anggaran itu.

Wihaji menyebut untuk biaya renovasi RTLH, pihaknya menganggarkan masing-masing rumah Rp12,5 juta dari pos APBD. Angka itu meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp10 juta per rumah.