Dua Rumah Warga Bandar Tertimpa Longsor

by
Anggota Koramil Bandar bersama warga mengecek rumah warga yang tertimpa material longsor. Istimewa

BATANG – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Bandar pada Selasa (28/12/2021) sore, telah menyebabkan longsor. Akibat kejadian tersebut, dua rumah warga di RT 02 RW 02, Desa Wonomerto, tertimbun longsor. 

Beruntung, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 17.00 wib tersebut tidak menyebabkan korban luka maupun jiwa. Namun pemilik rumah mengalami kerugian material cukup besar.

Kejadian tanah longsor itu menimpa rumah milik Kisruhdiono (45) yang mengalami kerusakan dibagian belakang rumah. Sedangkan rumah Riyanto (30 bagian dinding samping jebol.

“Kami mendapat laporan dari warga terkait adanya rumah yang tertular longsor. Begitu mendapat laporan rumah warga tertimpa longsoran kami dan Serda Anggit turun ke lokasi bersama warga sekitar untuk mengecek lokasi,” ungkap anggota Babinsa Koramil Bandar, Sertu Supriyono saat dihubungi melalui teleponya, Rabu (29/12/2021).

Sertu Supriyono menjelaskan, sebelum kejadian, wilayah Bandar dan sekitarnya diguyur hujan cukup lebat sejak siang hari. Curah hujan yang tinggi membuat saluran drainase yang ada tidak mampu menampung debit air, hingga meluat dan menyebabkan tebing setinggi 10 meter dan lebar 5 meter mengalami longsor.

“Rumah kedua warga tersebut memang sangat berdekatan dengan tebing. Akibatnya saat tebing tersebut longsor, material longsoran menimpa dua rumah yang ada dibawahnya. Musibah tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa hanya saja ada kerugian material karena rumahnya tertimpa longsoran tanah,”jelas Sertu Sriyono.

Ditambahkan, untuk para penghuni rumah sendiri sudah dievakuasi ke rumah warga yang lebih aman untuk menghindari longsor susulan, karena cuaca sampai malam masih turun hujan.

Terkaiy peristiwa tersebut, hari ini atau Rabu (29/12/2021), TNI dengan instansi terkait melaksanakan karya bakti melakukan pembersihan rumah kedua warga tersebut dari material longsoran.

“Kami menghimbau bagi warga yang berada di daerah rawan longsor untuk waspada saat musim hujan, agar tidak terjadi korban jiwa ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tandasnya. (don)