Pembongkaran dan Pemindahan Lapak Dikawal

by
BONGKAR- Sesuaii kesepakatan Pemkab dan paguyuban pedagang, lapak-lapak pedagang di Pasar Weleri 1 dan sekitarnya harus dilakukan pembongkaran per tanggal 28 Desember 2021. NUR KHOLID MS

**Pedagang Pasar Darurat Weleri, Dilakukan Petugas Gabungan

KENDAL – Para pedagang Pasar Weleri 1 melakukan pembongkaran lapak dagangan yang ada di sekitar bangunan pasar yang terbakar.

Berdasarkan kesepakat pemerintah daerah Kabupaten Kendal dengan paguyuban pedagang, batas akhir pengosongan lapak di pasar tersebut pada 2 Januari 2022. Pembongkaran hingga pindah lapak ke tempat relokasi pasar darurat mendapatkan pengawalan dari petugas gabungan, yakni TNI, Polri, Satpol PP, dan Dishub Kendal.

“Per 28 Desember 2021 lapak-lapak pedagang sudah harus mulai dibongkar dan dipindahkan ke pasar darurat di Terminal Bahurekso. Sesuai kesepakatan batas kahirnya pada 2 Januari 2022. Sehingga pasa 3 Januarinya, sudah kosong dan Pasar Weleri 1 ditutup dengan seng,”kata Kepala Dinas Perdagangan Kendal Ferinando RAD Bonay, Selasa (28/12/2021).

Ferinando mengungkapkan, selain membahayakan, pedagang harus segera menempati pasar darurat yang sudah selesai dibangun dan pembangunan pasar segera bisa di laksanakan.

“Kalau pasar sudah steril atau kosong. Kita akan tutup dengan seng seluruh area eks pasar weleri yang terbakar, tidak ada lagi pedagang yang berjualan, termasuk yang dipinggir jalan,”ungkapnya.

Pedagang pakaian, Susinah mengatakan, keberadaan los di pasar darurat ydari Pemkab Kendal belum terdapat sekat-sekat penutup antara los sehingga belum bisa secara langsung digunakan berjualan, dan harus ada penambahan material los untuk kenyamanan dan keamanan dalam berjualan.