Harga Cabai Kian “Pedas”

by
MASIH TINGGI - Harga cabai, telur, dan minyak goreng di pasaran masih tinggi.

KAJEN – Harga cabai di pasaran kian pedas. Harga cabai setan di kisaran Rp 90 ribu hingga Rp 120 ribu perkilonya.

Tak heran, jika satu cabai setan ukuran besar di warung makan ada yang dihargai atau dihitung nilainya Rp 1000. Jadi kalau pesan sambal dengan cabai setan akan dikenai tarif.

“Untuk cabai setan sudah saya hargai. Yang ukuran besar, satunya Rp 1000. Lha harganya sudah Rp 120 ribu perkilo tadi saya belanja di pasar,” tutur Parti, pedagang warung makan di dekat kantor PWI Kabupaten Pekalongan, Selasa (28/12/2021).

Untuk harga cabai rawit, kata dia, juga masih tinggi. Yakni Rp 70 ribu perkilo. Untuk cabai rawit, ia mengakui belum dikenakan tarif jual. Pembeli masih bisa menikmatinya gratis, baik untuk sambal atau pelengkap makan gorengan. Meskipun banyak pembeli ngeluh karena banyak cabai rawit muda sudah dipetik, sehingga rasanya tak pedas.

“Harga cabai setan lebih mahal dari hari daging sapi. Daging saja harganya Rp 110 ribu perkilo,” katanya.

Selain cabai, harga yang masih tetap tinggi adalah telur dan minyak goreng. Harga telur masih di kisaran Rp 32 ribu perkilo. Untuk harga minyak goreng kemasan masih di kisaran Rp 20 ribu ke atas untuk perkilonya. “Harga telur rekor ini. Biasanya naik paling di harga Rp 25 ribu. Ini di atas Rp 30 ribu,” keluh dia.