Puan Maharani ‘Kena Sikut’, Publik Lebih Percaya Ganjar Pranowo Ketimbang Dirinya

by
Ketua DPR RI Puan Maharani. Pojoksatu

Hasil survei Politika Research and Consulting (PRC) menyebutkan basis PDIP lebih banyak memilih Ganjar Pranowo daripada Puan Maharani dan Tri Rismaharini di Pilpres 2024.

Menurut Direktur Eksekutif PRC Rio Prayoga survei tersebut dilakukan untuk mengukur basis dukungan PDIP kepada dua calon tersebut.

“Hasilnya Ganjar lebih mengamankan suara PDIP dibandingkan dengan Puan Maharani,”ujarnya dalam pemaparan hasil survei yang digelar secara dering, Senin (27/12/201).

Dalam data hasil survei yang dipaparkan, Puan Maharani hanya didukung sebesar 4% oleh responden yang telah mendukung PDIP di Pemilu 2019.

Rio menyatakan, angka ini sangat jauh dibandingkan tingkat keterpilihan responden terhadap Ganjar Pranowo.

“Setidaknya responden yang terafiliasi dengan atau yang sudah memilih PDIP di pemilu sebelumnya, 51% memberikan suaranya kepada Ganjar Pranowo,” bebernya.

Survei ini dilakukan pada 12 November-4 Desember 2021 dengan jumlah responden sebanyak 1.600 orang.

Adapun, survei dilakukan dengan cara tatap muka (face to face).

Sementara, pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling, dengan margin of error sebesar 2,5% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Sebelumnya, lembaga survei Poltracking Indonesia juga menyebutkan bahwa Ganjar Pranowo calon presiden paling unggul.

Dalam hasil survei itu, Ganjar dipilih oleh 18,2 persen responden dalam pertanyaan terbuka.

Demikian disampaikan Direktur Poltracking Indonesia Hanta Yuda, dalam konferensi pers virtualnya kepada wartawan belum lama ini.

“Survei ini menemukan bahwa dalam pertanyaan terbuka (top of mind) Capres 2024, nama-nama yang terekam antara lain, Ganjar Pranowo (18,2 persen), Prabowo Subianto (17,1 persen), dan Anies Baswedan (10,2 persen),” ungkapnya.(muf/pojoksatu)