Prof Ade Dedi Rohayana Dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Fiqih

by
PENGUKUHAN - Proses pengukuhan Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M. Ag sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Fiqih oleh Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustaqim, M.Ag, Rabu (22/12/2021).

KOTA – Direktur Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan yang juga mantan Rektor IAIN Pekalongan, Prof. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M. Ag. resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Fiqih di IAIN Pekalongan.

Pengukuhan dilakukan dalam Sidang Terbuka Senat IAIN Pekalongan di Kampus 2 IAIN Pekalongan, Rabu (22/12/2021) yang dibuka oleh Ketua Senat IAIN Pekalongan, Drs. H. Akhmad Zaeni, M. Ag. Acara pengukuhan dilakukan oleh Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustaqim, M.Ag.

Rangkaian acara pengukuhan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 54146/MPK.A/KP/05.01/2021 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Fungsional Dosen, serta pembacaan riwayat hidup Prof. Dr. Ade Dedi Rohana, M.Ag oleh Sekretaris Senat IAIN Pekalongan, Esti Zaduqisti, M.Si.

Disebutkan bahwa Profesor Ade Dedi Rohayaba lahir di Sumedang pada 15 Januari 1971 dan merupakan PNS Dosen pada IAIN Pekalongan.

Disebutkan pula bahwa Prof Ade Dedi Rohayana lulus Program Sarjana (S1) Jurusan Peradilan Agama pada Fakultas Syariah IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tahun 1994. Kemudian Program Magister (S2), Konsentrasi Syariah, pada IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (lulus tahun 1998), dan Program Doktor (S3), Konsentrasi Syariah, pada Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus tahun 2008, dengan judul disertasi “Pengaruh Qawaid Fiqhiyyah terhadap Perbedaan Pendapat Fuqaha”.