Cakupan Vaksinasi Belum 70%

by
AJAK VAKSIN - Jajaran Polsek dan Koramil Kajen mengajak pedagang Pasar Kajen yang belum vaksin untuk ikut vaksinasi.

KAJEN – Cakupan vaksinasi dosis 1 Covid-19 di Kabupaten Pekalongan belum penuhi target, atau belum mencapai 70%. Demikian pula untuk sasaran lansia belum 60%.

Aparat TNI, Polri, dan pemda terus berupaya dengan berbagai cara untuk menuntaskan target vaksinasi tersebut. Mulai dari pemberian hadiah atau doorprize, beri paket sembako, buka gerai vaksin di titik-titik strategis, hingga upaya jemput bola baik di rumah, pasar, kolongan merpati, bahkan hingga ke area persawahan. Vaksinasi pun tak kenal hari. Senin hingga Minggu terus digeber. Dari pagi hingga malam hari.

Sekda Kabupaten Pekalongan Yulian Akbar dalam rakor lintas sektoral pengamanan Natal dan tahun baru di Aula Lantai 1 Setda, Rabu (22/12/2021), menekankan, salah satu arahan Presiden Jokowi ke kepala daerah adalah lakukan percepatan vaksinasi. Target dosis 1 adalah 70% dan lansia 60%.

Akbar menyebut, target itu belum tercapai di Kabupaten Pekalongan. Per tanggal 21 Desember 2021, capaian vaksinasi dosis 1 adalah 67,40%, dan dosis 2 sudah 47,08%. Untuk lansia, cakupannya 55,64%.

“Target minimal 70 persen dan lansia 60 persen akan jadikan kita masul level 1 dan prasyarat vaksinasi anak usia 6-12 tahun,” ujar Akbar.