Amankan 16 Gereja, Dikerahkan Ratusan Polisi

by
LINSEK - Kapolres Pekalongan AKBP Dr Arief Fajar Satria menyampaikan sambutan dalam Rapat Lintas Sektoral di Aula 1 Setda, Rabu (22/12/2021).

Khusus pengurus gereja yang ikut membantu pelaksanaan pengamanan, tugasnya membentuk satuan petugas covid 19 setempat. D antaranya melakukan steriliasi tempat ibadah sebelum misa secara manual atau BOD serta disinfectan covid 19. Kemudian mengimbau kepada seluruh jemaat untuk membawa perlengkapan ibadah secara pribadi dan memastikan jumlahnya tidak melebihi 50 persen dari kapasitas yang ada. Dikatakan, total keseluruhan petugas pengamanan dalam rangka Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Pekalongan sebanyak 460 personel, 307 di antaranya dari jajaran Polres Pekalongan. Para petugas ini ditempatkan di empat pos pengamanan dan satu pos pelayanan terpadu yang ada di kawasan Internasional Batik Center (IBC) Wiradesa. Sedangkan empat pos pengamanan berada di Pait, Siwalan, exit tol Bojong, Kedungwuni, dan tugu nol, Kajen.

”Masing-masing pos pengamanan akan membawahi dan membanti sub pos pam yang tersebar di sejumlah desa yang terdapat gereja,” tandasnya.

Selain tempat ibadah, lokasi yang menjadi jajaran pengamanan petugas pengamanan dari tim gabungan Kabupaten Pekalongan adalah tempat wisata. Ada 11 objek wisata besar yang tersebar di delapan kecamatan yang menjadi perhatian tim gabungan. Sedangkan sasarannya adalah keamanan dan ketertiban lalu lintas di lokasi wisata dan yang paling utama terkait jumlah pengunjung.

Menurut Kapolres, saat libur natal dan tahun baru, sejumlah objek wisata itu bakal menjadi sasaran wisatawan untuk berkunjung. Jika sampai jumlah pengunjungnya ramai maka dikhawatirkan terjadi kerumunan atau keramaian. Padahal saat ini pandemi covid 19 belum usai sehingga diharapkan perlu adanya pengawasan terhadap semua objek wisata.
Adapun dalam Rapat Lintas Sektoral dihadiri oleh Perwakilan Kajari, Perwakilan Kodim 0710, Dinas Perhubungan Sekda, Camat, Kapolsek dan pengurus gereja. (Yon)