Komsos Kreatif, Kodim Pekalongan Gelar Lomba Membatik

by -
LOMBA MEMBATIK - Para ibu-ibu mengikuti lomba membatik yang diselenggarakan Kodim 0710/Pekalongan di Musem Batik, Selasa (21/12/2021).

KOTA – Kodim 0710/Pekalongan menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Semester II Tahun 2021 dengan menyelenggarakan lomba membatik. Kegiatan berlangsung di Museum Batik, Kota Pekalongan, Selasa (21/12/2021).

Kegiatan diikuti masyarakat dari wilayah Kota Pekalongan terutama kaum ibu-ibu rumah tangga yang berjumlah 30 orang.

Kasdim Letkol Inf Raji mewakili Komandan Kodim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan usai membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan dalam rangka program kerja satuan sekaligus untuk merawat budaya lokal yaitu batik khas Pekalongan.

“Komsos kreatif ini bertujuan untuk mengangkat dan menumbuhkan jiwa budaya lokal di masyarakat, dimana Kota Pekalongan terkenal dengan budaya batiknya,” ujar Letkol Raji.

Kegiatan itu juga bertujuan untuk membangkitkan semangat jiwa kegotong royongan, kreatifitas, inovatif dan sekaligus menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat serta bisa mengangkat perekonomian warga melalui batik.

Sementara itu Kepala Museum Batik Kota Pekalongan Bambang Saptono, menyambut baik dan sangat apresiasi dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kodim 0710/Pekalongan yang berada di Museum batik tersebut. Pasalnya, menurut Bambang, saat ini kunjungan wisatawan sangat menurun dratis karena adanya pandemi covid-19.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini, dan selama ini kerjasama dengan Kodim Pekalongan sudah terjalin sangat baik sehingga kita juga memberikan fasilitas untuk perlombaan ini,” jelas Bambang.

Ditambahkan Bambang, bahwa adanya pandemi Covid-19 kunjungan wisatawan menurun hingga 80 persen dari waktu keadaan normal, sehingga dirinya berharap dengan adanya kegiatan Kodim Pekalongan ini nantinya bisa memotivasi dan menarik wisatawan untuk datang ke Museum Batik Pekalongan. (way)