RSUD Bendan Upgrade Ruang VIP dan Luncurkan BEMBI

oleh -
RESMIKAN - Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid saat meresmikan ruang VIP dan VVIP RSUD Bendan, Selasa (21/12/2021).

KOTA – RSUD Bendan Kota Pekalongan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Yang terkini, RSUD Bendan meresmikan ruang VVIP, VIP dan juga layanan ambulans Bendan Emergency Mobile (BEMBI). Peresmian dilakukan sekaligus oleh Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid, Selasa (21/12/2021). Hadir dalam peresmian, Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya dan Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih.

Wali Kota Pekalongan mengapresiasi diresmikannya dua layanan RSUD Bendan tersebut. “Pada pagi hari ini ada dua acara di RSUD Bendan, dimana yang pertama adalah peresmian ruang VVIP dan VIP. Alhamdulillah, ini adalah suatu komitmen dari RSUD Bendan untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat dengan memperbaiki fasilitas dari rumah sakit itu sendiri,” tutur Aaf.

Aaf juga juga berharap layanan BEMBI bisa dengan memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan ini dengan cepat. Mengingat saat disimulasikan layanan tersebut, Aaf menilai sangat luar biasa dalam merespon kegawatdaruratan pasien yang di dalamnya sudah dilengkapi SDM perawat yang sudah terlatih, bersertifikat, selektif dan layanan pertolongan medis yang lengkap. Dalam simulasi layanan BEMBI, Aaf menyebut hanya dibutuhkan waktu kurang dari 1 menit untuk bisa mendapatkan layanan.

“Kalau tadi simulasi tidak ada 1 menit, tetapi yang diharapkan kalau memang jarak rumah pasien ini dengan layanan ambulans ini agak jauh, harapannya tidak lebih dari 10 menit untuk sampai ke lokasi pasien yang membutuhkan pertolongan. Tinggal respon cepatnya itu yang harus diutamakan dan petugas medis bisa dengan segera menjemput pasien. Sementara, untuk layanan ruang VIP juga sangat nyaman, bersih, dan sebagainya. Bukan hanya kenyamanan tempat tetapi harus diimbangi SDM tenaga medis yang lebih fast respon dan memberikan ketenangan kepada pasien,” tegas Aaf.

Sementara itu, Direktur RSUD Bendan, Junaedi Wibawa menerangkan, dalam peresmian layanan ruang VVIP dan VIP ini sebenarnya tidak membangun ruangan baru tapi hanya merenovasi kondisi ruangan dan sarana dan prasana sebelumnya yang sudah tidak memenuhi standar. Ada 10 ruang yang direnovasi untuk menjadi ruang VIP dan 1 ruang VVIP. Adapun perbedaan ruang VVIP dan VIP adalah dari segi luasan bangunan, fasilitas baik berupa dispenser, sofa tidur untuk penunggu pasien.