Jelang Indonesia vs Malaysia: Tidak Berpikir Seri

oleh -
Preview Indonesia vs Malaysia. Pojoksatu

Dua rival berat di Asia Tenggara, Indonesia dan Malaysia harus bentrok di laga terakhir Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021) malam. Pertandingan ini tidak hanya menentukan tim yang lolos ke semifinal tapi juga sarat gengsi.

Pertandingan Indonesia vs Malaysia sendiri akan dihelat di National Stadium Singapore, bersamaan dengan duel Vietnam lawan Kamboja di Bishan Stadium, pukul 19.30 WIB.

Sebelum laga Indonesia vs Malaysia, Timnas Garuda menempati puncak klasemen sementara Grup B dengan 7 poin. Sama dengan koleksi Vietnam.

Sementara Harimau Malaya di urutan ketiga dengan 6 poin, hasil dua kali menang dan sekali kalah (0-3 vs Vietnam).

Artinya, anak asuh Shin Tae Yong hanya butuh hasil imbang pada laga Indonesia vs Malaysia untuk memastikan tempat di semifinal Piala AFF untuk pertama kalinya sejak 2016.

Tapi dalam konferensi pers jelang laga Indonesia vs Malaysia, seperti dikutip Pojoksatu.id dari laman resmi AFF Suzuki Cup, Shin Tae Yong menegaskan timnya sama sekali tidak berpikir untuk meraih hasil seri.

“Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa kami memiliki keunggulan tetapi kemudian hasil pertandingan dapat berubah kapan saja. Sehingga kami harus fokus dan mendekati pertandingan dengan mentalitas yang kuat,” kata Shin Tae Yong.

Juru Taktik asal Korea Selatan itu menambahkan, untuk menghadapi Malaysia, timnya akan menampilkan permainan berbeda dibanding saat menghadapi Vietnam.

“Anda melihat dalam pertandingan melawan Vietnam bahwa kami bermain melawan tim terbaik di turnamen jadi kami harus bermain dengan cara tertentu.”

“Tetapi melawan Malaysia mereka memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda dan kami akan bermain dengan cara terbaik untuk memanfaatkan kelemahan itu,” katanya.

Sementara Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe memastikan anak asuhnya akan bermain menyerang untuk meraih kemenangan.

Sebab hanya satu jalan bagi finalis Piala AFF edisi 2018 untuk lolos ke semifinal AFF Suzuki Cup 2020, menang atas Indonesia.

“Kami selalu mencoba memainkan sepak bola menyerang dan ini adalah tantangan yang harus kami hadapi,” kata Tan Cheng Hoe.

Ia pun mengakui bahwa timnya berada dalam tekanan pada laga Indonesia vs Malaysia besok malam. Tapi dirinya berusaha menghilangkan tekanan itu dan bermain lepas.

“Tidak ada gunanya berpikir terlalu banyak atau mengkhawatirkan tekanan karena kami tahu itu ada.”

“Ini adalah pertandingan yang sangat penting bagi kami sehingga kami hanya harus fokus, tetap fleksibel dan saya yakin kami bisa mendapatkan hasil positif,” ujarnya.

Dalam catatan situs 11v11, Indonesia dan Malaysia sudah saling berhadapan di Piala AFF sebanyak 8 kali.
Menariknya, hasul duel Indonesia vs Malaysia di turnamen yang dulu bernama Piala Tiger ini adalah imbang. Indonesia 4 kali menang, Malaysia juga menang 4 kali.

Pertemuan pertama Indonesia dengan Malaysia di Piala AFF terjadi pada 13 September 1996. Malaysia menumbangkan Indonesia dengan skor 3-1.

Kemenangan terbesar Indonesia atas Malaysia dicatatkan pada Piala AFF 2010. Di Stadion Gelora Bung Karno, Indonesia menang 5-1 atas Malaysia.

Sementara kemenangan terbesar Malaysia atas Indonesia dengan skor 3-1.

Dalam dua bentrok terakhir dengan Tim Negeri Jiran di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia selalu kalah.

Di Stadion Gelora Bung Karno pada 5 September 2019, Malaysia menaklukkan Indonesia 2-3. Di Stadion Bukit Jalil pada 19 November, Malaysia menang 2-0 atas Indonesia. (fat/pojoksatu)

Head to head Indonesia vs Malaysia di Piala AFF

Piala AFF 1996 – Malaysia vs Indonesia : 3-1
Piala AFF 2002 – Indonesia vs Malaysia : 1-0
Piala AFF 2004 – Indonesia vs Malaysia : 1-2
Piala AFF 2004 – Malaysia vs Indonesia : 1-4
Piala AFF 2010 – Indonesia vs Malaysia : 5-1
Piala AFF 2010 – Malaysia vs Indonesia : 3-0
Piala AFF 2010 – Indonesia vs Malaysia : 2-1
Piala AFF 2012 – Malaysia vs Indonesia : 2-0
Prediksi susunan pemain Indonesia vs Malaysia

Indonesia (4-5-1)
Nadeo: Asunawi, Dewangga, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Irfan Jaya, Evan Dimas, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; KH Yudo

Pelatih: Shin Tae Yong

Malaysia (4-1-4-1)
Fahmi; Dion Cools, Dominic Tan, Saad, Syahmi; Bakhtiar; Rasid, Ajmal, Ahmad, Aiman; Shamsudin

Pelatih Malaysia: Tan Cheng Hoe