Ustadz Yusuf Mansur Ditangkap Polisi Hoax!

by
Viral pemberitaan di media sosial penangkapan Ustadz Yusuf Mansur. (Foto: Istimewa)

Kabar mengejutkan datang dari Ustadz Yusuf Mansur. Dia diberitakan telah ditangkap polisi. Kabar ini pertama kali diunggah akun TikTok @evaneffendy. Dia mengunggah video dengan narasi Ustadz Yusuf Mansur ditangkap polisi dan jadi tersangka kasus penipuan dan penggelapan.

Video yang diunggah terdapat tulisan bernada Ustadz Yusuf Mansur ditangkap dan dijerat dengan “Pasal penipuan penggelapan dan UU monitoring”. Dalam unggah itu juga ditambahi dengan kalimat “akhirnya ketangkap ini namanya penipu berkedok ustadz”. Akun @evaneffendy juga menulis “Ustadz ini kubu mana ya”

Video yang diunggah juga terdapat suara salah seorang pejabat polisi yang disebut tengah membacakan status tersangka kepada Ustadz Yusuf Mansur. Kabar ini pun viral. Namun sebagian netizen begitu bijak dengan mengingatkan jangan menyebarkan berita bohong.

Akun bernama @momtita21 mengatakan bahwa jangan asal menyebar berita bohong yang belum jelas kebenarannya. “Hati2 menebar berita yang belum jelas. kalo orang2 jadi percaya dengan fitnah yang disebarkan. Anda mau tanggung jawab dunia akhirat,” kata akun @momtita21.

Belakangan ini banyak pemberitaan miring yang menyeret nama Ustadz Yusuf Mansur. Ada banyak tudingan mulai dari soal investasi bodong hingga tarif puluhan juta untuk ceramah. Semua itu sudah dibantah dengan kalem dan tenang oleh Ustadz Yusuf Mansur sendiri.

Reaksi yang sama juga kembali ditunjukkan Ustadz Yusuf Mansur saat disebut ditangkap polisi. Klarifikasi disampaikan melalui unggahan video di Instagram @yusufmansurnew. Dalam video itu diperlihatkan sang ustadz tengah berada di dalam mobil sambil memperdengarkan suaranya membantah kabar penangkapan polisi.

“Hari ini beredar viral betul saya ditangkap. Allahu Akbar. Sampai kakak saya dan keluarga saya nanyain ‘ente ditangkap katanya?’. Ya kalau ditangkap masa iya bisa jawab,” ceritanya.

Ustadz Yusuf Mansur mengatakan jika muncul hoax menggunakan fotonya saat datang ke kantor polisi. Faktanya, foto itu justru diambil saat ia dihadirkan untuk membantah tudingan penipuan kepadanya. Namun ada oknum yang tak bertanggungjawab dan menggunakan foto itu untuk menyebar hoax.

“Itu dijadikan thumbnail kemudian narasinya adalah ‘alhamdulillah ustaz blablabla akhirnya ditangkap’. Hi, doain ya,” tuturnya.

Terang saja kabar hoax tersebut membuat keluarga Ustadz Yusuf Mansur sampai khawatir. Namun alih-alih emosi, Ustadz Yusuf Mansur kembali membalas dengan adem dan balik mendoakan sang pelaku pembuat hoax dengan doa-doa baik.

“Semoga orang-orang baik itu disayang Allah, diberi Kemurahan-Nya, dijaga kesehatannya, dipanjangkan umurnya. Senantiasa dimurahkan dan dimudahkan rizkinya oleh Allah. Wafat husnul khatimah, masuk surga tanpa hisab. 1 surga bersama Rasul. Dan doa2 ini u semua orang2 tuanya semua, keluarga intinya, keluarga besar, guru2nya, dan semua turunan2 hingga akhir zaman,” tulis ayah Wirda Mansur ini di kolom keterangan video.

Reaksi tak terduga Ustadz Yusuf Mansur membuat publik takjub dan salut. Komentar pujian dan sanjungan pun kini balik didapatkannya. Di sisi lain ternyata tak sedikit juga netizen yang mengaku kaget dan sempat termakan kabar hoax tersebut.

“Digempur dg fitnah,, tapi dibales dg doa2 baik. ustadz sehat selalu dn semua turunannya smpe akhir zaman shollu ala nabi,” ujar @riyadi*.

“Greget sama konten tiktok dan youtube isinya parah:( hanya demi uang mereka melakukan segala cara,” cetus akun @amr.

“Semoga bisa melewatti ujian dari Allah ustadz.. Amin,” doa akun @nur*. (ngopibareng)