Minim Literasi, 64 SD Digelontor Buku

by
DISTRIBUSI - Proses distribusi penerimaan bantuan buku di Aula Disdikbud, Kabupaten Batang, Rabu (15/12/2021).

BATANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang membagikan 53.760 eksemplar buku kepada 64 Sekolah Dasar (SD) yang dinilai minim literasi.

Beberapa jenis buku yang dibagikan bukan buku pelajaran, namun cenderung pada materi pengayaan yang mendukung pembelajaran, antara lain bertema kepribadian Pancasila, pengenalan obyek wisata dan lainnya.

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdikbud Batang, Yuliyanto mengatakan, bahwa dalam memberikan bantuan buku, Disdikbud memiliki kriteria tertentu, sehingga benar-benar tepat sasaran.

“Sekolah itu harus sudah mempunyai ruang perpustakaan dengan sistem pengelolaan yang baik dan sekolah itu masih dikategorikan minim literasi. Masing-masing sekolah mendapatkan sebanyak 840 buku dengan jumlah judul 420,” ujarnya saat meninjau proses distribusi penerimaan bantuan buku di Aula Disdikbud Batang, Rabu (15/12/2021).

Ia memastikan, dengan bantuan buku ini akan mengefisienkan biaya pembelian buku dari sumber Dana BOS Reguler. Semakin canggihnya teknologi literasi secara digital, terkadang membuat minat baca anak secara tekstual berkurang.