Komisi B Minta Pemindahan Pedagang Dilakukan Serentak

oleh -
SIDAK - Komisi B DPRD Kota Pekalongan melakukan sidak ke Pasra Sugihwaras Baru untuk melihat progres pembangunan dan rencana pemindahan pedagang.

*Dari Alun-Alun ke Pasar Sugihwaras Baru

KOTA – Komisi B DPRD Kota Pekalongan meminta agar pemindahan pedagang dari Alun-alun ke Pasar Sugihwaras Baru bisa dilakukan serentak. Hal itu untuk menghindari adanya pedagang kembali lagi ke lokasi semula jika masih ada yang tertinggal. “Jadi yang di sini harus diselesaikan semua. Memang kita harus tegas tapi harus perhatikan juga kebutuhan pedagang di sini sehingga semua bersedia pindah bersama-sama,” tutur Ketua Komisi B DPRD Kota Pekalongan, Mabrur.

Untuk itu dirinya juga meminta agar Pemkot melalui dinas terkait bisa melakukan sosialisasi secara intensif terkait perkembangan dan juga rencana pemindahan. “Harapan kami juga sosialisasi harus intens. Karena melihat kondisi kios ini bisa jadi permasalahan. Sehingga harus sosialisasi intens, berikan pemahaman kepada pedagang bahwa memang dalam pemindahan ada risiko tapi diharapkan membawa ke kondisi yang lebih baik,” tambahnya..

Dia berharap agar Pasar Sugihwaras yang sudah dibangun dengan anggaran besar dapat digunakan secara optimal.  Sehingga menjadi tugas utama bagi dinas terkait agar benar-benar bisa memberikan pemahaman kepada pedagang sehingga mereka bersedia pindah dengan sukarela dan penataan bisa dilakukan dengan baik.

Sementara itu,.Kabid Pasar dan PK5 pada Dindagkop dan UKM, Dedy Setiawan menjelaskan, dalam pasar yang dibangun dengan anggaran Rp14 miliar tersebut terdapat 210 kios untuk pedagang fashion di lantai 2 dan 52 kios untuk pedagang kulinar di lantai 1. Jumlahnya disesuaikan dengan data awal pedagang di Alun-alun. Namun dikatakan Dedy, dalam pendataan di lapangan jumlah pedagang yang aktif hanya sekitar 98 pedagang.“Awal tahun 2022 nanti akan kami mulai sosialisasi kepada pedagang. Untuk pembagian kios juga akan kami tawarkan kepada mereka seperti apa mekanisme yang digunakan,” tandasnya.(nul)