Pelajar Boleh Libur Saat Nataru

by
JAGA JARAK - Pelaksanaan PTM dengan menerapkan prokes di SMPN 9 Batang.

*Disdikbud Imbau Siswa Tetap Jaga Prokes

BATANG – Pemerintah akhirnya membatalkan kebijakan menunda libur sekolah semester gasal tahun ajaran 2021/2022, di mana siswa bisa menikmati libur selama masa Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun demikian, Disdikbud Batang meminta pelajar di wilayahnya tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama liburan.

Sesuai SE Kemendikbud Ristek RI No 32 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Jelang Nataru 2021, libur semester gasal akan disesuaikan dengan kalender akademik Pemda setempat. Di mana libur akan dilaksanakan mulai 20-31 Desember 2021.

“Sebelumnya memang ada kebijakan untuk menunda libur sekolah terkait dengan PPKM Level 3. Tetapi ada aturan baru di mana libur sekolah kembali dilaksanakan sesuai kaldik. Oleh karenanya kami mengimbau agar pelajar, khususnya orang tua tetap melaksanakan prokes meski libur,” ujar Kabid Dikdas Disdikbud Batang, Sumanto, Rabu (15/12/2021).

Dijelaskan, untuk penerimaan rapor dilaksanakan pada tanggal 18 Desember lusa, dengan mengindahkan prokes. Sedangkan semester genap tahun ajaran 2021/2022 akan dimulai 3 Januari 2022.

“Kami tidak memperkenankan sekolah menambah waktu libur selama periode Nataru di luar waktu yang ditetapkan pemda. Kami juga mengimbau orang tua agar mengizinkan dan mendorong anaknya untuk vaksinasi yang sudah memenuhi syarat. Dan jangan lupa untuk tetap menerapkan prokes di mana pun berada,” pesan Sumanto.

Kepala SMPN 9 Batang, Muhjamian mengamini adanya perubahan kebijakan terkait libur semester gasal. Pihaknya pun sudah meneruskan informasi ini ke guru dan juga wali murid.

“Nanti kami akan sosialisasikan lebih lanjut saat pengambilan rapor. Khususnya untuk pelaksanaan prokes selama liburan. Dan jika dimungkinkan, liburan bisa diisi berbagai kegiatan di rumah saja dan mengurangi mobilitas,” pungkasnya. (nov)