Berinovasi, Bantu Tangani Kemiskinan dengan Zakat

by
MEMBUKA - Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat membuka Rapat Koordinasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tahun 2021, di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

KENDAL – Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung 2 tahun memberikan dampak besar bagi permasalahan sosial di Kendal, termasuk meningkatnya angka kemiskinan. Untuk itu, Baznas dan UPZ diharapkan dapat bekerja lebih keras dan berinovasi untuk membantu Pemerintah Kabupaten Kendal dalam mengatasi persoalan-persolan kemiskinan.

“Sehingga manfaatnya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat, terutama untuk kesejahteraan masyarakat Kendal khususnya anak yatim piatu, fakir dan masyarakat miskin yang membutuhkan,” kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto saat membuka Rapat Koordinasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tahun 2021, Jumat (26/11/2021) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS dan segenap UPZ Kendal, atas kinerja yang telah mampu melaksanakan pengumpulan, pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah di Kabupaten Kendal dengan baik. Ia juga memberikan apresiasi kepada semua pihak khususnya ASN di Kabupaten Kendal atas peran sertanya, dalam melaksanakan kewajiban berzakat, infaq dan shadaqah ke Baznas Kendal. “Sehingga dapat membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan, serta juga memberikan keberkahan kepada kita semua,” ungkapnya.

Dico menyatakan, bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Ia meminta semuanya untuk tetap mematui protokol kesehatan. Saat ini di Kecamatan Singorojo terdapat warga yang terpapar virus Covid-19, untuk itu perlu kewaspadaan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Saya juga meminta kepada Baznas Kendal untuk menjadi pelopor penerapan protokol kesehatan, disetiap kegiatanya juga harus mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan, agar kita semua dapat terhindar dari bahaya penyebaran Covid-19,”tukasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Kendal, Syamsul Huda mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran UPZ dalam pengelolaan ZIS ASN dan Non ASN, dan dapat mendukung kesuksesan Program Baznas terkait pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kendal. “Kegiatan ini diikuti oleh para Ketua UPZ dari OPD, SMP, Puskesmas dan Korwilcambidik se-Kabupaten Kendal,” ucapnya. (lid)