Nurhuda: Pemerintah Harus Segera Tuntaskan Atasi Banjir Rob Pekalongan

by
MF Nurhuda Y mengunjungi wilayah banjir dan posko pengungsian korban banjir rob di Kelurahan Degayu dan Kelurahan Pasir Kraton Kramat Kota Pekalongan, Sabtu (27/11/2021). Istimewa

Pekalongan – Anggota Komisi VIII DPR RI, MF Nurhuda Y meminta pemerintah segera atasi banjir rob di Kota dan Kabupaten Pekalongan secara menyeluruh dan tuntas. Hal ini disampaikan saat mengunjungi wilayah banjir dan posko pengungsian korban banjir rob di Kelurahan Degayu dan Kelurahan Pasir Kraton Kramat Kota Pekalongan, Sabtu (27/11/2021).

“Kami apresiasi Pemerintah sudah melakukan upaya pembuatan tanggul sehingga sebagian kelurahan sudah bisa diatasi. Namun masiih ada beberapa kelurahan yang selalu terkena banjir rob, seperti Kelurahan Pasir Sari, Degayu dan lain lain. Pemerintah harus tuntas mengatasinya sehingga tidak lagi terjadi banjir rob”, kata Nurhuda.

Pekalongan adalah wilayah yang rawan banjir rob karena terletak di pinggiran pantai. Sehingga, masyarakat yang bermukim di sepanjang pinggiran pantai perlu selalu mewaspadai gelombang laut tinggi (pasang maksimum air laut) yang menyebabkan terjadinya banjir rob. Jika musim hujan datang banjir semakin tinggi karena bertemu dengan pasangnya air laut.

“Saat ini masyarakat yang mengungsi tercatat ada 192 jiwa tersebar di beberapa posko pengungsian. Mereka mengungsi sudah 5 harii, sedangkan banjir rob sudah terjadi sekitar 15 hari. Dan jika hujan deras, dimungkinkan pengungsi akan bertambah”, terang Nurhuda anggota DPR RI yang berasal Fraksi PKB ini.

Solidaritas sosial sesama warga dan juga perhatian pemerintah daerah cukup tinggi. Solidaritas sosial yang tumbuh dari rasa kemanusiaan, senasib sepenanggungan dan diperkuat oleh pengalaman emosional bersama. Solidaritas sosial pula yang pada akhirnya yang mampu mengentaskan masyarakat dari persoalan kelaparan, kebencanaan dan kemiskinan.

“Kami apresiasi Pemerintah Kota Pekalongan dan seluruh stakeholder, terutama BPBD Kota Pekalongan, Dinas Sosial yang responsif dan siap siaga membantu mengevakuasi warga yang terdampak ke tempat yang lebih aman,” lanjutnya.

Dalam kunjungannya, Nurhuda menyempatkan berdialog langsung dengan warga pengungsi untuk memotivasi sekaligus menyalurkan bantuan kepada mereka. Bantuan berupa sembako dan peralatan alas tidur ini diserahkan secara langsung kepada warga yang pemukimannya terendam banjir rob di Kecamatan Pekalongan Barat dan Kecamatan Pekalongan Utara.

“Solidaritas sosial masyarakat juga cukup tinggi, baik sesama warga yang menjadi korban banjir rob maupun warga yang tidak terkena, sehingga menumbuhkan semangat bersama di masyarakat”, demikian Nurhuda anggota DPR RI yang berasal dari Dapil Jateng X meliputi Pekalongan, Pemalang, Batang.

Hadir mendampingi kunjungan Nurhuda dari seluruh stakeholders Pemerintah Kota Pekalongan antara lain Dinas Sosial, Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD), Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Camat Pekalongan Utara dan Barat, serta Lurah Degayu dan Pasir Kramat Kraton.

Secara keseluruhan bantuan yang diserahkan ini berupa: makanan anak 210 paket, family kit 100 paket, kids ware 100 paket, peralatan dapur keluarga 100 paket, tenda gulung 50 lembar; kasur 100 unit; foodware 100 paket dan beras 1000 kg. (nov)