Progres Proyek Dua Jalur Koridor Pelabuhan Surplus 7%

by
KEBUT PROGRES - Para pekerja tengah mengebut peningkatan Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Batang.

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang terus mempercepat pengerjaan jalur koridor Pelabuhan Batang, yakni Jalan Yos Sudarso dan Jalan Sultan Agung. Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPUPR Batang, Endro Suryono mengatakan, bahwa progres pengerjaan dua jalan itu kini sudah mencapai 50,72 persen.

“Iya, progresnya sudah 50,72 persen, atau surplus 7 persen dari target. Di mana pekerjaan dimulai sejak 29 Oktober dan selesai pada 27 Desember 2021, atau 60 hari kerja,” ujar Endro, Kamis (25/11/2021).

Dikatakan Endro, anggaran proyek peningkatan Jalan Yos Sudarso dan pelebaran Jalan Sultan Agung itu senilai Rp4.184.000.000. “Anggaran itu berasal dari bantuan keuangan provinsi 2021. Adapun rekanan yang mengerjakan CV Karya Jaya dari Batang sendiri,” terangnya.

Ia menjelaskan, panjang ruas Jalan Yos Sudarso yang akan ditingkatkan mencapai 610 meter, dengan lebar 8 meter. Ruas Jalan Yos Sudarso juga sebagian akan diperlebar 0,70 meter, dengan panjang 530 meter.

“Sementara itu, untuk ruas Jalan Sultan Agung kami perlebar sisi kanan 1 meter dan sisi kiri 1 meter. Pelebaran itu dilakukan disepanjang 2,820 meter ruas jalan,” jelasnya.

Pengerjaan fisik ini, kata Endro, merupakan salah satu kegiatan untuk menunjang kegiatan Pelabuhan Batang. Di mana kedua ruas jalan itu akan menjadi akses penghubung menuju lokasi Pelabuhan Batang.

Ditambahkan Wihaji, pada 2022 mendatang Pemkab Batang juga telah menganggarkan perbaikan Jalan RE Martadinata dan Jalan Patimura, yang saat ini dalam kondisi rusak. (fel)