Kompetensi Guru Harus Dikuatkan

by
DENGAR - Para peserta sedang mendengarkan sambutan dari Wakil Walikota Pekalongan.

*Semarak HUT Ke-76 PGRI

KOTA – Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) setempat menggelar puncak acara dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-76 tahun 2021. Puncak kegiatan yang penuh dengan pemberian apresiasi lomba tersebut berlangsung di Hotel Khas Pekalongan, Kamis (25/11/2021).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin STP, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim SH MHum, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekalongan sekaligus Ketua PGRI Kota Pekalongan, Mabruri SPd, pengurus PGRI Kota Pekalongan, Drs Soeroso MPd, perwakilan para guru dan kepala sekolah yang ada di Kota Pekalongan.

Pada kesempatan tersebut, Wawalkot Salahudin turut menyerahkan penghargaan dan apresiasi kepada salah satu guru berprestasi bernama M Choirul Kamal SPd yang telah meraih juara Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika beberapa waktu lalu.

Wawalkot Salahudin menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua guru khususnya di Kota Pekalongan. Di tengah berbagai keterbatasan di era pandemi ini, para guru tetap bisa berkarya dan terus berinovasi, melangsungkan kegiatan belajar mengajar baik secara online maupun offline secara terbatas. Dalam momentum Hari Guru Nasional sekaligus PGRI ke-76 Tahun 2021 ini, Wawalkot Salahudin berpesan agar PGRI sebagai wadah organisasi guru bisa memotivatori para guru untuk merefresh kembali peran guru sebagai figur yang Digugu lan Ditiru. Dalam arti, seorang guru itu harus bisa memberi contoh dan teladan bagi para peserta didiknya.

Digugu yang mengandung arti bahwa, seorang guru harus bisa untuk mempertanggungjawabkan setiap perkataan ataupun ucapannya dan ditiru yang mengandung arti bahwa seorang tingkah laku atupun perbuatan yang dilakukan seorang guru adalah sebagai contoh.

“Sehingga akhlak anak-anak yang diampu bisa menjadi semakin bagus dan siap untuk diberikan ilmu yang bermanfaat,” ucap Salahudin.