Kapolres: Jangan Ragu Tegakan Perda

by
FGD - Polres Pekalongan Kota bersama Satpol PP saat mengadakan FGD tentang penyelenggaraan tibum dan tranmas di Aula mapolres setempat, Kamis (25/11/2021)

*Polres Dukung Satpol PP dalam Penegakan Perda

KOTA – Polres Pekalongan Kota menyatakan dukungannya terhadap langkah penegakan Peraturan Daerah (Perda) secara Pro Yustisia oleh Satpol PP Kota Pekalongan. Satpol PP dapat melakukan penindakan dan memberikan sanksi kepada setiap pelanggar Perda, sebagaimana aturan yang ada.

Demikian disampaikan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, dalam FGD Peningkatan Kapasitas Tim Koordinasi Penegakkan Perda/Perkada dan Penyelenggaraan Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman Masyarakat (Tranmas) Kota Pekalongan, bertempat di Aula Mapolres Pekalongan Kota, Kamis (25/11/2021).

“Dalam hal ini, kita melakukan FGD terkait penegakan hukum yang berkaitan dengan peraturan daerah yang ada di Kota Pekalongan. Dengan harapan, ke depan tidak ada lagi yang ragu-ragu dalam dalam menerapkan peraturan daerah. Apabila ada yang melanggar, langsung berikan sanksi yang sudah diatur dalam perda yang dilanggar itu sendiri,” tutur AKBP Wahyu.

Disampaikan AKBP Wahyu, proses penegakan hukum terhadap pelanggar Perda atau Perkada dikakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Tentunya, pelanggar akan diberikan imbauan terlebih dahulu sebelum diproses hukum. Pihaknya mencontohkan terkait kasus pelanggaran penyelenggara reklame yang selama ini sudah berjalan.

“Apabila masih melaksanakan pelanggaran, tentunya kita akan tindak secara tegas. Terkait kasus pelanggaran reklame, selama ini sudah berjalan, namun ada sedikit perbedaan di masa pandemi, dimana ada sedikit kelonggaran-kelonggaran. Oleh karena itu, di hari ini kita samakan persepsi antara penegak hukum yang ada agar tindakan kita ke depan lebih tegas kembali,” imbuh AKBP Wahyu.