Dinanti Puluhan Tahun, Pengerjaan Jalan Beton 4,7 Km Dikebut

by
PEKERJAAN- 24 jam non stop, para pekerja melakukan pekerjaan jalan ciri beton sepanjang 4,7 kilometer.

KENDAL – Proyek pembangunan jalan rigid beton sepanjang 4,7 kilometer yang menghubungkan Dusun Magangan Desa Jatirejo Kecamatan Ngampel dengan Dusun Pongangan Desa Sidomakmur Kaliwungu Selatan terus dikebut penyelesaiannya. Pasalnya, proyek jalan yang membelah hutan itu ditargetkan selesai pada awal Desember mendatang.

Untuk diketahui, ruas jalan yang melintasi kawasan lahan Perhutani tersebut semula berupa tanah batu dan sebagian aspal. Kimi dibuat berupa beton dengan lebar 4 meter dan tebal 20 sentimeter.

Asisten Pelaksana dari PT Sosro Indo Pertama selaku pelaksana, Dian Mastuki Nugraha mengatakan, pembangunan jalan ini dimulai 12 November sampai 28 Desember 2021. Namun demikian, pelaksanaannya dikebut siang malam 24 jam, sehingga pihaknya optimis bisa selesai pada 2 Desember 2021. “Target di awal bulan depan bisa selesai,” katanya, Rabu (24/11/2021).

Sementara itu, Wakil PPK Dinas PUPR Kendal Sabidin mengatakan. kendala pengerjaan jalan ini mobilisasi TM terhambat. Karena jalan becek dan jika hujan harus berhenti melakukan pengecoran. Untuk pengawasan melibatkan 4 Inspektur untuk dua shift, masing-masing 12 jam.

“Pekerja ditarget per hari 300 meter yaitu grup barat 150 meter dan timur 150 meter, ” katanya.

Kepala Desa Sidomakmur Bambang mengatakan, perbaikan jalan ini sudah ditunggu warga Desa Sidomakmur dan sekitarnya. Dengan terbangunnya jalan ini, maka pergerakan ekonomi warga akan tumbuh lebih baik. Warga sangat senang, karena pembangunan jalan ini sudah ditunggu lebih dari 50 tahun. Pasalnya warga lebih memilih menjual hasil bumi dan hasil pertanian ke Pasar Magangan daripada ke Kaliwungu.

“Demikian pula anak-anak sekolah, sebagian besar bersekolah ke Pegandon daripada ke Kaliwungu,” katanya. (lid)