Milad, PCM Wonotunggal Dorong Pengembangan Kawasan Konservasi di Sodong

by
TEBAR BENIH - Aksi tebar ribuan benih ikan mewarnai peringatan milad Muhammadiyah ke-109 oleh PCM Wonotunggal.

*Gelar Aksi Tanam Pohon Hingga Tebar Benih Ikan

BATANG – Tema lingkungan hidup mewarnai peringatan milad Muhammadiyah ke-109 di lingkungan PCM Wonotunggal. Dengan semangat merawat ekosistem hutan, warga persyarikatan melakukan aksi penanaman pohon, tebar benih ikan hingga pelepasan burung perkutut. Dengan semangat yang sama, PCM Wonotunggal juga mendorong dikembangkannya kawasan konservasi di Desa Sodong guna kepentingan edukasi masyarakat.

Kegiatan dihadiri segenap pimpinan dan keluarga besar Muhammadiyah Wonotunggal beserta Ortom, Forkopimcam, kades dan tokoh masyarakat setempat. Secara simbolik, aksi peduli lingkungan itu dipusatkan di Desa Sodong, Ahad (21/11/2021), usai pengajian umum dengan pembicara Dr Ibnu Sholeh, yang juga menekankan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem hutan sebagai wujud amal shalih. “Merawat lingkungan adalah juga medan ibadah, terlebih dunia sedang dan akan terus dihadapkan tantangan perubahan iklim dengan dampak yang mengkhawatirkan,” kata Ibunu Sholeh.

Ketua PCM Wonotunggal, H Jumadi SPd MM menyatakan bahwa sebagai organisasi dakwah, Muhammadiyah memiliki komitmen dan kepedulian untuk menjaga kelestarian lingkungan sebagai bagian dari ibadah dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan nyata.

Pihaknya berharap, ke depan Sodong memiliki semacam kawasan konservasi sebagai media edukasi bagi masyarakat. “Dengan demikian, masyarakat bisa melihat adanya hutan yang terjaga ekosistemnya dan mata air tetap mengalir sampai kelak bisa dinikmati anak-cucu di masa mendatang,” tandas Jumadi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Ahad (21/1/2021) tersebut diinisiasi Angkatan Muda Muhammadiyah Wonotunggal dan Remaja Masjid KH Ahmad Dahlan bersinergi dengan pemerintah Desa Sodong.

Camat Wonotunggal, Ahmad Puryono SH, memberikan apresiasi kepada Muhammadiyah yang ikut ambil bagian dalam gerakan peduli lingkungan hidup. Didampingi Danramil dan Kapolsek Wonotunggal, dia melakukan penanaman bibit pohon kepal, aren dan pucung di kompleks situs mata air Silumbu Dukuh Silegok, dilanjutkan dengan menebar ribuan benih ikan nila.

Gayung bersambut, giat tersebut juga diapresiasi Pemdes Sodong yang memang sedang mempersiapkan Peraturan Desa tentang Pelestarian Lingkungan Hidup. “Kami mengapresiasi peran warga Muhammadiyah yang sadar lingkungan dan saat ini kebetulan sedang kami persiapan Perdes terkait lingkungan hidup. Lewat Perdes ini, aktivitas yang bisa merusak lingkungan tidak akan diizinkan. Jika ada yang melanggar akan dikenai sanksi,” Ujar Kades Sodong, H Tarmolah SPd. (sef)