Pemdes Bangunrejo Kembangkan Batik Permaisuri

by
KEMBANGKAN - Pemerintah Desa Bangunrejo, Kecamatan Patebon, kini tengah mengembangkan batik Permaisuri.

KENDAL – Pemerintah Desa Bangunrejo, Kecamatan Patebon, kini tengah mengembangkan batik permaisuri. Proses produksi batik dilakukan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang digarap oleh enam warga setempat.

Hal itu dibenarkan Kepala Desa Bangunrejo, Subur Falahudin, Selasa (23/11/2021). Kata dia, pengerjaan pembuatan batik permaisuri yang kini tengah dikembangkanya dikerjakan langsung oleh warganya. “Untuk saat ini pembuatannya berada di gedung BUMDes Bangun Karya” katanya.

Subur Falahudin mengungkapkan, pembuatan batik permaisuri mulai dilakukan sekitar pertengahan tahun 2021. Awalnya sebuah perusahaan rumah batik YCAB Fondation Semarang membuka pelatihan membatik untuk masyarakat yang berminat. Pelatihan membatik tersebut diikuti oleh enam orang warganya. “Pelatihannya selama tiga bulan. Pelatihan juga diikuti oleh Arga dari desa lainnya,” ungkapnya.

Tidak hanya mengadakan pelatihan membatik, YCAB Fondation juga menggelar lomba membatik yang diikuti oleh peserta pelatihan. Pada lomba tersebut warganya meraih juara pertama. “Raihan juara tersebut menjadi motivasi untuk lebih mengembangkan batik permaisuri. Saat ini kegiatan masih terus dilakukan,” tukasnya.

Pihak Desa Bangunrejo akan terus mengembangkan batik permaisuri, sehingga bisa memberdayakan masyarakat Desa Bangunrejo dan bisa meningkatkan kesejahteraan warga.
“Untuk sementara hanya melayani pesanan. Ketua DPRD Kendal juga pernah memesan batik permaisuri,” ucapnya. (lid)