Jalur Karanganyar-Lebakbarang Tertutup Longsor

by
KERJA BAKTI - Warga bersama jajaran BPBD, TNI, dan Polri membersihkan material longsor yang menutup badan jalan di jalur Karanganyar - Lebakbarang, kemarin.

LEBAKBARANG – Jalur utama Karanganyar – Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, tertutup tebing setinggi 20 meter longsor di Blok Sibatok, Dukuh Krandegan, Desa Mendolo, Kecamatan Lebakbarang, Selasa (23/11/2021) dini hari. Material longsor setinggi 1 meter dengan lebar 3 meter sempat menutup badan jalan.

Jalur antar kecamatan ini sempat tidak bisa dilalui kendaraan bermotor. Warga bersama BPBD, jajaran Koramil, Polsek, pemerintah desa dan Kecamatan Lebakbarang bisa membuka akses jalan itu, kemarin pagi, pukul 9.20 WIB. Namun hujan dengan intensitas tinggi masih kerap mengguyur Kabupaten Pekalongan, sehingga potensi longsor susulan masih bisa terjadi.

Danramil Lebakbarang Kapten Inf Budiarto, kemarin pagi, mengatakan, kegiatan kerja bakti membersihkan longsoran ini adalah sebagai upaya langkah cepat dan tanggap bencana dalam mengatasi bencana alam, agar dampak dari longsornya tebing tersebut tidak menganggu aktivitas warga.

“Kita bersama warga bergotong-royong agar material yang menutup badan jalan ini tidak menganggu aktivitas masyarakat,” jelas Danramil.

Disampaikan, kegiatan kerja bakti ini merupakan penjabaran dari salah satu tugas sebagai aparat komando kewilayahan, yaitu TNI harus tanggap dan peduli terhadap bencana alam. Dengan hadirnya TNI diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terkena bencana.