Digempur, Cakupan Vaksinasi Lansia Capai 39,39 %

by
BUS VAKSINASI - Pemkab Pekalongan melakukan berbagai upaya untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid. Salah satunya mendatangkan bus vaksinasi dari provinsi.

KAJEN – Pekan lalu, cakupan vaksinasi lansia di Kabupaten Pekalongan masuk lima besar terendah se-Jawa Tengah. Digempur secara masif, capaian vaksinasi lansia hingga kemarin siang sudah 39,39%.

“Untuk hari ini kita cakupannya 39,39% dari target 40%. Insya Allah hari ini tertutup (40%),” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwiantoro, Senin (22/11/2021) siang.

Pekan lalu, kata dia, cakupannya masih 34%. Dalam dua hari ini saja, cakupannya bisa naik 2,3 %. Sasaran vaksinasi lansia sendiri ada 73.847 orang.

Diakuinya, pada pekan lalu ada sembilan kecamatan yang cakupan vaksinasi lansianya masih rendah. Yakni Kecamatan Buaran, Petungkriyono, Siwalan, Wonokerto, Talun, dan Kecamatan Karangdadap.

“Sembilan kecamatan pada pekan lalu. Sekarang sudah naik. Tinggal tiga kecamatan kalau ndak salah,” ungkap dia.
Menurutnya, ada banyak faktor kenapa cakupan vaksinasi lansia rendah. Di antaranya, tidak ada yang mengantar ke lokasi vaksinasi, sakit sehingga belum bisa divaksin hingga tidak lolos skrining dengan berbagai pertimbangan.

“Maka upaya yang akan kita lakukan adalah door to door, jemput bola sampai ke sasaran. Insya Allah hari ini bisa tercapai. Melihat animo dan pergerakan dari masyarakat,” ujar Wawan.