44 SD Belum Dapat Izin Gelar PTM

by
Wahyu Yusuf Ahmadi, Kepala Disdikbud Kendal

*Sudah 92% Sekolah yang Tatap Muka

KENDAL – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, bahwa saat ini sudah 92 persen dari total 575 SD di Kendal yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Untuk jenjang SMP dan sekolah non formal, masing-masing 109 sekolah dan 21 sekolah sudah menggelar PTM terbatas keseluruhan.

“Satuan pendidikan SMP dan sekolah non formal sudah 100% PTM, kalau yang SD masih berproses secara bertahap,” kata Wahyu Yusuf Ahmadi, kemarin.

Dia menjelaskan, saat ini masih ada 44 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Kendal yang belum mendapatkan izin untuk menggelar PTM terbatas. Sementara sekolah dasar yang sudah diperbolehkan menggelar PTM berjumlah 531. “Terdiri dari 480 sekolah melangsungkan PTM terbatas, dan 51 SD baru bisa melaksanakan simulasi PTM,” terangnya.

Sementara untuk jenjang PAUD/TK, lanjut Wahyu, sekolah yang sudah menggelar PTM berjumlah 747. Jumlah itu meliputi 660 sekolah PTM terbatas, dan 87 sekolah masih dalam tahap simulasi PTM. Masih ada 94 PAUD/TK yang belum bisa menggelar pembelajaran langsung di sekolah saat ini. “Satuan pendidikan Paud/TK yang sudah menggelar PTM terbatas sudah 88% dari total 841 sekolah. Lainnya masih proses,” imbuhnya.

Selama dua pekan ke depan, ada 138 sekolah jenjang SD dan PAUD menjalankan simulasi PTM. Dengan skema yang sama, yakni maksimal 50 persen setiap kelas, dan boleh menerapkan shifting. “Yang menjalankan simulasi nantinya akan dilakukan evaluasi apakah layak mengikuti PTM terbatas, atau tetap simulasi, tandasnya.