Lab Farmasi Bikin Sekolah Makin Komplit

by
DOK - Praktik siswa jurusan farmasi SMK Yapenda 2 Wiradesa sebelum pandemi.

*SMK Yapenda 2

WIRADESA – SMK Yapenda 2 Wiradesa saat ini telah dilengkapi dengan ruang praktik atau laboratorium guna menunjang kegiatan praktik siswa pada semua jurusan. Salah satu pengembangan tersebut dirasakan sangat bermanfaat khususnya oleh para siswa Jurusan Farmasi. Keberadaan ruang praktikum yang juga dilengkapi dengan Apotek Sekolah menambah komplit kebutuhan siswa dalam kegiatan pembelajaran, Senin(21/11/2021).

Ketua Jurusan Farmasi SMK Yapenda 2 Wiradesa, Chasnawati SSi Apt, menuturkan bahwa ruang laboratorium farmasi SMK Yapenda 2 Wiradesa telah memenuhi standar sehingga praktikum siswa dapat digelar optimal.

“Alhamdulillah kami mendapat tambahan ruang praktik baru, sekarang laboratorium farmasi tidak hanya satu ada dua tambahan ruang dan juga Apotek Sekolah ini,” ujar Atik, sapaannya. Dengan adanya Apotek tersebut, para siswa dapat langsung mengaplikasikan mata pelajaran farmasi sekaligus kewirausahaan dengan menjual produk-produk obat rancangan mereka.

Diceritakan, para siswa SMK Yapenda 2 Wiradesa khususnya jurusan farmasi telah dibekali ilmu agar dapat merancang produk-produk berupa obat kesehatan, kecantikan, hingga ramuan-ramuan tradisional. “Alhamdulillah di kelas XI anak-anak sudah mulai kami ajak untuk praktik membuat produk sendiri, seperti contohnya produk lulur dari sari alpukat ini,” ujar dia.

Selain membekali siswa agar siap terjun ke dunia kefarmasian, pihaknya juga tentu membekali siswa untuk siap menjadi wirausawan yang mampu mendorong terbukanya lapangan kerja melalui keterampilan yang mereka miliki.

Seperti diketahui, Jurusan Farmasi merupakan salah satu jurusan termuda di SMK Yapenda 2 Wiradesa namun memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Para siswanya mampu menunjukkan eksistensinya sehingga beberapa tahun terakhir pihaknya cukip rutin menjuarai ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Jurusan Farmasi Kabupaten Pekalongan. “Alhamdulillah tahun ini kami juga menjuarai LKS Farmasi, semoga ini bisa menjadi harapan yang baik untuk kedepannya,” pungkas Atik. (mal)