Personel dan Sarpras Siap Digerakkan

by
APEL - Pj Sekda Kabupaten Pekalongan Budi Santoso mengikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Mataram.

“Dan pemetaan itu tentunya akan kami jadikan dasar untuk mengambil kebijakan. Baik itu dari sisi pemukiman untuk penduduk yang kira-kira rawan, tentu kedepan harapannya tidak diizinkan untuk didirikan pemukiman baru. Bagi yang lama mungkin perlu ditingkatkan dari sisi model bangunan yang bisa tahan banjir, longsor atau tahan bencana yang lain,” ucapnya.

Adapun untuk bencana banjir dan rob yang berpotensi akan terjadi di perbatasan Kota dan Kabupaten Pekalongan, semua unsur baik dari TNI, Polri dan BNPB siap digerakan apabila nanti terjadi kembali bencana tersebut. Ia berharap seluruh masyarakat juga bisa ikut berperan aktif dalam rangka upaya antisipasi tersebut.

“Untuk daerah pesisir tentunya berpotensi rob dan banjir. Ini kebetulan yang daerah pesisir berbatasan dengan daerah Kota dan Kabupaten Pekalongan. Sehingga ini langkah yang bagus untuk kerjasama penanganan, termasuk kesiapsiagaan yang berkaitan seperti bendung dan rehabilitasi. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat juga,” ujar dia. (had)