Personel dan Sarpras Siap Digerakkan

by
APEL - Pj Sekda Kabupaten Pekalongan Budi Santoso mengikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Mataram.

*Antisipasi Bencana Alam

KAJEN – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam di Kabupaten dan Kota Pekalongan, leading sektor yang terdiri atas semua unsur Forkopimda, gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana, Jumat (19/11/2021), di Lapangan Mataram Kota Pekalongan.

Apel Kesiapsiagaan Bencana tersebut, dihadiri langsung oleh Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, Pj Sekda Kabupaten Pekalongan Budi Santoso, Kapolres Pekalongan AKBP Arief Fajar Satria, dan Dandim 0710 Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan.

Pj Sekda Kabupaten Pekalongan Budi Santoso, ditemui usai apel, mengatakan, apel kesiapsiagaan yang digelar oleh leading sektor antar Kota dan Kabupaten Pekalongan tersebut dilaksanakan dalam rangka melakukan koordinasi untuk mengecek seberapa jauh kesiapan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Menurut Pj Sekda, acara tersebut diinisiasi oleh Kodim 0710 Pekalongan yang mengajak seluruh Forkopimda untuk bersama-sama bersinergi menyatukan kekuatan guna lebih cepat mengantisipasi dan menanggulangi terjadinya bencana alam.

“Prinsip dari semua sisi itu siap dikerahkan untuk penanganan bencana secepat dan sedini mungkin, termasuk adalah dari sisi early warning sistemnya atau peringatan dininya, apakah itu banjir, rob, tanah longsor maupun puting beliung yang sebenarnya bencana alam ini bisa diprediksi daerah mana yang rawan, daerah mana yang miss. Ini sudah kita petakan semuanya,” kata Pj Sekda Kabupaten Pekalongan Budi Santoso.

Budi Santoso menyampaikan, saat ini pihaknya sudah melakukan pemetaan titik-titik lokasi yang berpotensi terjadi bencana alam. Menurutnya, untuk daerah yang rawan longsor ada di daerah atas seperti Kandangserang, Lebakbarang, Paninggaran dan Petungkriyono. Adapun untuk daerah yang rawan banjir dan rob ada di daerah pesisir seperti Siwalan, Wonokerto dan Tirto.