Tangkap Peluang Pangan dari Ribuan Pekerja KITB

by
Susilo Heru Yuwono, Kepala Dispaperta Batang

*Dispaperta Bakal Rekrut 200 Petani Milenial

BATANG – Ketahanan pangan yang kuat harus dimiliki guna menyambut kehadiran Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Terlebih nantinya ribuan pekerja akan datang untuk bekerja di KITB. Karenanya, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang dalam waktu dekat ini akan merekrut sebanyak 200 orang petani milenial yang fokus pada komoditas holtikultira, perkebunan, dan tanaman pangan.

“200 petani muda ini akan kita bagi, 100 untuk holtikultura, 50 orang komoditas pertanian pangan, dan 50 orang untuk perkebunan,” kata Kepala Dispaperta Batang, Susilo Heru Yuwono, saat ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

Petani milenia yang dipilih merupakan petani muda yang sudah melakukan inovasi serta sudah semi modernisasi pertanian. “Kita akan tata dan kita ikutkan dalam keanggotaan koperasi yang sudah kita bentuk,” ungkap Susilo Heru Yuwono.

Perekrutan 200 petani milenial juga merupakan program dari Kementrian Pertanian yang direncanakan tahun depan mendapatkan programnya. “Pengukuhan rekruitmennya nanti langsung dari Kementerian Pertanian, insya Allah dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Adapun 200 petani milenial merupaakan hasil seleksi yang sudah memilki keahlian, seperti ahli di tanaman kelengkeng, mangga durian, tanaman padi, dan lainya.

“Tanaman buah dan tanaman apapun itu harus di-tretment agar bisa menghasilkan yang luar biasa. Karena tanaman yang tidak sesuai kulturnya harus di-tretment kalau untuk bisa berbuah,” terang Heru.

Dia juga menyampaikan harapannya, bahwa 200 petani milenial nantinya bisa menularkan ilmunya kepada masyarakat, sehingga banyak pemuda sukses di bidang pertanian. “Kalau kita tidak bergarak masif dari sekarang, lima tahun lagi dengan hadirnya kawasan industri pertanian kita habis,” tandasnya. (nov)