Wacana Museum Purbakala Kembali Diinisiasi

by
WARISAN SEJARAH - Sejumlah benda cagar budaya yang tertata di Kantor Disdikbud Kabupaten Batang

*Disdikbud Ajukan Peminjaman Gedung ke Bupati

BATANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang mewacanakan pendirian Museum Kepurbakalaan Daerah sebagai tempat penyimpanan benda-benda cagar budaya yang ditemukan di wilayahnya.

“Dari hasil pendataan awal, ternyata benda cagar budaya yang ada di kantor kami banyak sekali, sehingga tidak mungkin disimpan semuanya di sini. Oleh karenanya, kami berupaya meminjam gedung milik pemda untuk dijadikan museum,” ujar Kabid Kebudayaan Disdikbud Batang, Affy Koesmoyorini, kemarin.

Ia mengatakan, bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan kepada Bupati Batang Wihaji, supaya berkenan meminjamkan salah satu bangunan gedung milik Pemkab Batang yang tidak terpakai.

“Kalau permohonan kami disetujui Bupati, maka diperkirakan bisa untuk memuat 161 buah benda cagar budaya, seperti arca, lingga, yoni dan nandi, sesuai hasil pendataan yang dilakukan oleh Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Dikatakan Affy, untuk mengoptimalkan fungsi dari museum, pihak Bidang Kebudayaan tetap bekerja sama dengan komunitas pemerhati sejarah dan budaya Batang. “Kami akan melibatkan budayawan agar tertata dengan rapi dan bernilai artistik. Keberadaan museum itu nantinya bisa menjadi media edukasi anak-anak didik, maupun dimanfaatkan para peneliti untuk meneliti lebih lanjut tentang benda-benda kepurbakalaan lainnya,” tegasnya.