Kebijakan Pemda Ikut Melecut Optimisme UMKM untuk Bangkit dari Pandemi

by
ZOOM - Disperindagkop dan UKM saat memberikan pelatihan kepada UMKM melalui zoom meeting.

BATANG – Meski sempat terdampak pandemi, UMKM di Batang kini perlahan mulai bangkit. Beberapa kebijakan afirmatif yang dikeluarkan Pemkab Batang turut menambah optimisme UMKM dalam menghadapi situasi ke depan. Salah satunya dengan program Nglarisi Dodolan dan hadirnya klinik bisnis Disperindagkop Batang.

Kepala Disperindagkop dan UKM Batang, Subiyanto menjelaskan, melalui klinik bisnis UMKM pihaknya juga terus mendampingi pelaku UMKM. Baik terkait perizinan, sertifikasi halal, pemasaran produk di toko modern, ekspor produk, BPUM dan lainnya.

Selain itu, pihaknya juga turut memberikan wadah promosi gratis bagi para pelaku UMKM melalui akun Instagram cinta produk Batang. Disperindagkop dan UKM turut memfasilitasi pemotretan foto produk dan juga memberikan layanan desain grafis secara cuma-cuma.

“Semua layanan yang ada di Klinik Bisnis ini kami lakukan sebagai upaya agar UMKM Batang dapat naik kelas. Sehingga ke depan produk lokal Batang dapat semakin menjangkau pasar yang lebih luas,” ujarnya saat diwawancarai Radar, Kamis (18/11/2021).

Tak hanya itu, pandemi juga turut menantang para UMKM untuk go global. Sehingga literasi digital menjadi hal penting yang harus dikuasai UMKM. Karena itu, Disperindagkop juga mengajak UMKM untuk belajar berbagai platform digital, sehingga dapat memasarkan produknya lebih luas dan turut memudahkan operasional harian UMKM.